Dark/Light Mode

Dukung Program Kolaborasi BUMN, Peruri Gelar Teman Bersenyum di Temanggung

Selasa, 21 November 2023 16:36 WIB
Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono berharap agar program-program yang berasal dari kolaborasi BUMN terus dirawat. (Foto: Dok. Peruri).
Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono berharap agar program-program yang berasal dari kolaborasi BUMN terus dirawat. (Foto: Dok. Peruri).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai bentuk program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) BUMN, Peruri bersama 16 BUMN lainnya jalankan program BUMN Teman Bersenyum (BUMN Untuk Temanggung yang Bersih, Sehat dan Nyaman untuk Umum) di Kawasan Wisata Sindoro Water Park, Desa Rejosari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Jumat (17/11/2023).

Program ini diresmikan secara bersamaan oleh Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Direktur Eksekutif Forum TJSL BUMN, Bupati Temanggung, perwakilan 17 BUMN penyelenggara program, yang juga disaksikan oleh masyarakat penerima program.

BUMN Teman Bersenyum merupakan bagian dari komitmen BUMN terhadap pembangunan berkelanjutan yang memerlukan dukungan serta kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat dan pemangku kepentingan.

Salah satu tujuannya adalah mengubah Temanggung menjadi destinasi unggulan yang kaya akan budaya, sejarah, dan potensi alam yang menarik.

Baca juga : Jalan Tengah Dan Keseimbangan

Pelaksanaan program ini di antaranya adalah pembangunan kios UMKM, pengadaan sarana prasarana camping ground, dan pengadaan sarana prasarana rumah kemasan UMKM pada Desa Rejosari, Kecamatan Bansari.

Sementara itu, pada Desa Gentan Kecamatan Kranggan, program ini diimplementasikan dengan cara pengadaan pipanisasi saluran air bersih.

Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono, mengatakan pentingnya perencanaan yang matang dengan mempertimbangkan potensi dan kebutuhan masyarakat, menjadi fokus utama dalam membangun setiap program TJSL yang lebih berdampak.

Lebih lanjut, Eko berharap agar program-program yang berasal dari kolaborasi BUMN tidak hanya diterapkan sementara, melainkan harus dirawat, terus dimanfaatkan, dan dijadikan sebagai contoh bagi daerah lain.

Baca juga : Aliansi Mahasiswa Jawa Timur Gelar Mimbar Bebas, Ini Tuntutannya

Guna meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat, terutama para pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pada program ini juga diadakan Pelatihan Manajemen BUMDes.

Sementara itu, pelatihan digital marketing juga dilakukan untuk memperluas wawasan dan keahlian pelaku UMKM dalam pemanfaatan teknologi digital guna mempromosikan produk lokal dan mengembangkan potensi ekonomi di tingkat lokal.

Melalui kedua pelatihan itu, masyarakat diharapkan akan lebih siap dan terampil dalam mengelola potensi ekonomi lokal mereka.

Hal ini yang pada akirnya dapat berkontribusi signifikan dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan bersama masyarakat Temanggung.

Baca juga : Luncurkan Program YESS, Kementan Dukung Regenerasi Petani Muda Banyuwangi

Kepala Biro Strategic Corporate Branding dan TJSL Peruri Ratih Sukma Pertiwi mengatakan, program kolaborasi BUMN ini tidak hanya untuk memberikan bantuan kepada masyarakat, tetapi juga fokus pada mendorong kemandirian masyarakat melalui potensi yang dimiliki pada daerah tersebut.

"Ini merupakan salah satu bentuk komitmen BUMN untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” kata Ratih dalam keterangannya, Selasa (21/11/2023).

Sementara itu, Pj. Bupati Temanggung, yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Masrik Amin Zuhdi, menyambut baik kehadiran program BUMN Teman Bersenyum di Kabupaten Temanggung.

Ia berharap agar program ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi kesejahteraan masyarakat Temanggung.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.