Dark/Light Mode

Forum Kapnas III 2023 Jadi Eksibisi Rantai Suplai Migas Terbesar di Indonesia

Rabu, 22 November 2023 19:31 WIB
Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III Tahun 2023 di Jakarta akan menjadi puncak kolaborasi para pemangku kepentingan industri hulu migas dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. (Foto: Ilustrasi Istimewa)
Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III Tahun 2023 di Jakarta akan menjadi puncak kolaborasi para pemangku kepentingan industri hulu migas dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. (Foto: Ilustrasi Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyelenggaraan Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) III Tahun 2023 di Jakarta akan menjadi puncak kolaborasi para pemangku kepentingan industri hulu migas dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Mengangkat tema “Pengembangan Integrasi Kapabilitas Dalam Negeri dalam rangka Peningkatan Kapasitas Nasional,” forum ini bukan hanya sekadar etalase prestasi industri hulu migas, tetapi juga menjadi wadah bagi kerja sama strategis, pertukaran gagasan, pengetahuan baru dan peluang bisnis di antara para stakeholder.

Baca juga : Industri Migas Sokong Perekonomian Nasional

“Terbuka juga ruang untuk mendiskusikan solusi bagi isu-isu krusial seperti lingkungan, teknologi baru, dan kebijakan perundang-undangan yang berpengaruh pada industri hulu migas,” kata Wakil Kepala SKK Migas, Nanang Abdul Manaf, di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Menurutnya, SKK Migas berkomitmen memperkuat peran pelaku usaha dalam negeri di ekosistem industri hulu migas yang sudah ada selama lebih dari satu abad.

Baca juga : SKK Migas Bidik Target TKDN 64 Persen

Salah satu langkahnya adalah dengan mengurangi ketergantungan pada sumber daya luar.

"Diperlukan keberpihakan dengan memberikan peluang sebesar-besarnya kepada pelaku usaha dalam negeri. Namun, keberpihakan ini jangan diartikan sebagai privilege. Pelaku industri dalam negeri tetap dituntut memiliki kemauan untuk terus belajar dalam memenuhi standar-standar pengelolaan industri migas," jelasnya.

Baca juga : Strategi Matang Ganjar Kembangkan Bisnis Di Indonesia

Vice President SKK Migas dan Ketua Panitia Forum Kapnas III, Erwin Suryadi menjelaskan, sejak pertama kali digelar pada tahun 2021, Forum Kapnas dirancang untuk memperkuat kapabilitas industri dalam negeri, produsen, UMKM, dan industri kreatif yang mendukung industri hulu migas.

Penguatan kapasitas ini dianggap krusial dalam mencapai target produksi minyak sebanyak 1 juta barel serta gas bumi sebanyak 12 miliar standar kaki kubik per hari pada tahun 2030.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.