Dark/Light Mode

Geber Mobil Hybrid Toyota Di Bali, Irit Dan Senyap

Kamis, 10 Oktober 2019 15:33 WIB
Salah satu mobil hybrid Toyota sedang mengisi baterai. (Foto: Aditya Nugroho)
Salah satu mobil hybrid Toyota sedang mengisi baterai. (Foto: Aditya Nugroho)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggelar acara journalist test drive. Kali ini mobil yang dites kemampuannya adalah mobil listrik jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Tes dilakukan dari Banyuwangi ke Bali dengan total perjalanan mencapai 380 kilometer (KM).

Ada 32 jurnalis media nasional mengikuti kegiatan yang digelar dari 9-11 Oktober ini. Mereka bergantian mengemudikan delapan unit mobil listrik yang disediakan Toyota. Yaitu Corolla Altis Hybrid (1 unit), Camry Hybrid (1 unit), Alphard Hybrid (1 unit), C-HR Hybrid (3 unit) dan Prius Plug-In Hybrid (PHEV) (2 unit).

Setelah hari pertama test drive menghabiskan waktu keliling kota Banyuwangi, maka hari kedua dihabiskan di Bali. Para jurnalis diajak menyebrang dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, ke Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Baca juga : Tertarik Beli Toyota GR Supra, Siapkan Kocek Rp 1,9 M

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, kawasan Bali dipilih sebagai lokasi test drive mobil ini mengingat daerah ini memiliki banyak kelebihan. Selain kebudayaannya yang khas, Pulau Bali yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata memiliki lokasi destinasi wisata yang menarik dan beragam, mulai dari kawasan pantai hingga pegunungan.

Keragaman topografi yang dimiliki Bali dan didukung oleh jalan raya penghubung yang memadai untuk dilintasi, menjadi ajang yang tepat untuk digunakan untuk test drive menguji keandalan performa sekaligus efisiensi penggunaan bahan bakar dari sebuah mobil HEV dan PHEV.

Menggunakan kapal ferry, rombongan peserta test drive beserta mobilnya melintasi Selat Bali selama sekitar 1 jam untuk selanjutnya tiba di Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Baca juga : Kembangin Mobil Listrik, Toyota Indonesia Siapkan Industri Rantai Pasoknya

Dari Pelabuhan Gilimanuk, peserta diajak ke The Menjangan, sebuah butik resort yang berada di dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat yang masih alami. Jaraknya 18 km dari Pelabuhan Gilimanuk.

Perjalanan dilanjutkan ke The Chocolate, salah satu café terkenal di Bali yang berada di kawasan Baturiti Tababan, atau tidak jauh dari Danau Beratan Bali. Jaraknya mencapai 100 km dengan melintasi jalan Singaraja-Gilimanuk.

Setelah dari The Chocklate, peserta diajak ke Jimbaran. Jaraknya cukup panjang juga 65 km. Tak hanya melewati jalan raya antar kota beraspal mulus dan lurus, juga melintasi jalan yang cukup berliku, serta jalan dalam kota dengan kondisi traffic yang cukup padat.

Baca juga : Mobil Dinas Dan Kinerja

Seluruh model Hybrid Toyota memiliki 4 mode berkendara (driving mode), yaitu Normal, ECO, Sport dan EV mode guna memberikan opsi karakter berkendara bagi pengemudinya. Pada perjalanan jarak jauh dari wilayah Tabanan ke Jimbaran itu, para jurnalis dapat mencoba seluruh mode berkendara pada mobil HEV yang mereka gunakan seiring fungsinya juga untuk mewujudkan fun to drive.

“Efisiensi penggunaan bahan bakar tidak mempengaruhi performa mobil HEV karena tetap ada dukungan dari motor listrik saat mobil membutuhkan respon yang agresif, atau saat pegemudi menggunakan mode berkendara Sport,” katanya. 

Selama perjalanan, mobil hybrid Toyota sangat senyap suaranya dan irit. Padahal, sudah digeber habis-habisan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.