Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangin Mobil Listrik, Toyota Indonesia Siapkan Industri Rantai Pasoknya

Rabu, 4 September 2019 14:11 WIB
Toyota memamerkan jajaran mobil listriknya di acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9). (Foto: Toyota)
Toyota memamerkan jajaran mobil listriknya di acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9). (Foto: Toyota)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota mendukung pengembangan mobil listrik di Indonesia. Salah satunya dengan menyiapkan industri rantai pasoknya.

Hal tersebut dikatakan oleh Presdir Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono usai menghadiri pembukaan pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9).

Menurut Warih, keikutsertaan Toyota dalam IEMS menegaskan komitmen perusahaan untuk turut berperan aktif dalam popularisasi serta pengembangan industri kendaraan elektrifikasi di Indonesia. Dalam kesempatan itu, Toyota menampilkan empat jenis mobil listrik, yaitu C-HR Hybrid Electric Vehicle (HEV), Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), i-ROAD Battery Electric Vehicle (BEV), dan Mirai Fuel-Cell Electric Vehicle (FCEV).

Baca juga : Malaysia Juara, Lifter Indonesia Salah Teknik

“Toyota terus berupaya untuk menghadirkan teknologi kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan konsumen di setiap negara termasuk Indonesia. Kami juga memiliki perhatian yang tinggi untuk dapat memberikan sumbangsih dalam pengembangan industri kendaraan elektrifikasi termasuk di dalamnya industri rantai pasok,” ujar Warih.

Menurut dia, dengan mengembangkan industri rantai pasoknya bisa memenuhi permintaan pasar domestik serta berpotensi untuk merambah pasar ekspor. Sebab, tren global saat ini adalah menuju kendaraan rendah emisi,” tutur Warih.

President Director Toyota-Astra Motor, Yoshihiro Nakata mengatakan, perseroan secara aktif menyambut baik upaya Pemerintah Indonesia dalam akselerasi penerapan teknologi maju. “Memasuki tahun ke-10 dari teknologi elektrifikasi Toyota yang dipasarkan di Indonesia, kami sangat excited Pemerintah Indonesia punya perhatian serius pada kendaraan elektrifikasi untuk menjaga lingkungan,” ujar Nakata.

Baca juga : Minta Maaf, Bos Taksi Malaysia: Indonesia Ada di Hati

Kendaraan bermotor listrik, kata Nakata, memberikan benefit seperti mengurangi emisi CO2 dan di saat yang sama juga mengurangi ketergantungan pada konsumsi bahan bakar. Namun, juga ada beberapa kekhawatiran publik terkait harga yang relatif tidak murah, kesiapan infrastruktur di berbagai daerah, serta kemudahan penggunaan seperti charging yang cepat.

Menurut Nakata, selain menyiapkan produk dan teknologi, maka dibutuhkan juga kesiapan pasar demi tercapainya roadmap pemerintah di tahun 2025 dengan optimal. Salah satu caranya dengan memberikan banyak informasi kepada masyarakat agar tingkat pengetahuan yang baik terhadap kendaraan bermotor listrik, serta penyiapan infrastruktur pendukung dan jaringan layanan. “Hal itu dapat mengurangi kekhawatiran publik,” katanya.

Toyota telah memperkenalkan Prius sebagai model HEV perdana yang mengaspal di pasar domestik pada tahun 2009. Selain Prius, juga tersedia ragam pilihan kendaraan berteknologi hibrida di Indonesia, yaitu: Camry, Alphard serta C- HR yang baru saja diluncurkan pada awal tahun 2019 ini. 

Baca juga : Soal Impor Sampah Bekas, Industri Minta Keringanan

Untuk diketahui, dalam menyambut Peraturan Presiden No. 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) digelar pameran Indonesia Electric Motor Show (IEMS) di Balai Kartini, Jakarta dari 4-5 September 2019. Dalam pameran ini, produsen otomotif, termasuk Toyota  menampilkan beragam pilihan kendaraan elektrifikasi yang dapat menjadi pilihan terbaik konsumen. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.