Dark/Light Mode

Tanam 1.000 Mangrove Di Tambakrejo

BCA Syariah Konsisten Pada Pembiayaan Hijau Dan Kelestarian Lingkungan

Jumat, 24 November 2023 08:16 WIB
Kegiatan penanaman mangrove ini sebagai bentuk aksi kepedulian terhadap penghijauan dan kelestarian alam.
Kegiatan penanaman mangrove ini sebagai bentuk aksi kepedulian terhadap penghijauan dan kelestarian alam.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank BCA Syariah (BCA Syariah) meneruskan komitmennya pada pembiayaan berkelanjutan atau Kegiatan Usaha Berkelanjutan (KUB). Penyaluran pembiayaan KUB sampai dengan September 2023 telah mencapai Rp 2,6 triliun mencapai 30 persen dari total penyaluran pembiayaan BCA Syariah sebesar Rp 7,8 triliun.

Selain mengoptimalkan fungsi intermediasi perbankan, BCA Syariah juga melakukan aksi nyata untuk mengurangi emisi karbon melalui penanaman 1.000 mangrove. Sekretaris Perusahaan BCA Syariah Nadia Amalia Sekarsari mengatakan, kegiatan penanaman mangrove ini sebagai bentuk aksi kepedulian terhadap penghijauan dan kelestarian alam.

?Kami berharap langkah ini dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem setempat serta memperkuat kesadaran akan pentingnya konservasi alam," katanya ditemui di sela Rakernas BCA Syariah di Jakarta, Rabu (22/11/2023).

Baca juga : Akulaku Group Dukung Pelestarian Lingkungan

Tanaman mangrove dipilih karena memiliki peran penting dalam menjaga kelestarian ekosistem pesisir. Mangrove bukan hanya menyediakan habitat dan makanan bagi berbagai spesies, tetapi juga berfungsi sebagai penghalang alami yang dapat melindungi pantai dari erosi dan bencana alam. Kegiatan ini diharapkan dapat mengembalikan fungsi dan manfaat hutan mangrove baik secara fisik, ekologis dan ekonomis. 

Melalui penanaman mangrove yang berlangsung pada Sabtu (11/11) lalu, BCA Syariah turut andil dalam menyerap 500 kilogram CO2 equivalent, serta meningkatkan pendapatan petani hingga Rp 808.000,-. 

Nadia Amalia juga menambahkan, aksi mendukung lingkungan yang dikemas dalam BCA Syariah Cinta Bumi juga telah dilaksanakan dalam bentuk lain, khususnya di kantor-kantor BCA Syariah.

Baca juga : Relawan Tuan Guru Ganjar Sokong Pembangunan Ruang Kelas TPQ Di Langkat

“Kami menyadari, tidak semua kota-kota tempat beroperasinya BCA Syariah sesuai dengan kondisi geografis untuk penanaman pohon yang memerlukan lahan luas. Misalnya, di Jabodetabek, kegiatan yang kami lakukan adalah mendukung penciptaan ruang terbuka hijau maupun potisasi. Misalnya, di kantor pusat kami di Jakarta Timur, dengan area untuk menanam pohon yang terbatas. Akhirnya, dengan kelurahan setempat, kami berkolaborasi untuk memperbanyak tanaman di pot-pot untuk ditempatkan di area kantor,” imbuh Nadia. 

Program penghijauan lain yang telah dilakukan oleh BCA Syariah yakni kegiatan Penataan Titik Unggulan (PTU) dan penghijauan trotoar di wilayah Balimester, Jakarta Timur.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.