Dark/Light Mode

PLN Indonesia Power Sukses Kembangkan Mangrove Batu Lumbang

Jumat, 24 November 2023 16:02 WIB
Sekretaris Perusahaan PT PLN Indonesia Power Agung Siswanto (kanan), saat kunjungan ke hutan mangrove Batu Lumbang, Denpasar, Bali. 
Sekretaris Perusahaan PT PLN Indonesia Power Agung Siswanto (kanan), saat kunjungan ke hutan mangrove Batu Lumbang, Denpasar, Bali. 

RM.id  Rakyat Merdeka - PT PLN Indonesia Power berkomitmen mendukung program pemerintah untuk meningkatkan energi hijau dan Net Zero Emission atau nol emisi karbon. 

Dengan alasan itu, PLN Indonesia Power ikut berkontribusi dalam pelestarian dan pengembangan hutan mangrove Batu Lumbang, Denpasar, Bali. 

Sekretaris Perusahaan PT PLN Indonesia Power Agung Siswanto mengatakan, mangrove mampu meredam dan menurunkan abrasi laut dan juga magnitude bencana gelombang tsunami.

Baca juga : Yenny Wahid: Indonesia Harus Kembali Dipimpin Santri

Selain itu, mangrove juga mampu menyimpan dan menyerap karbon 5 kali lebih banyak dari hutan tropis daratan. 

Karena itu, mangrove berperan besar dalam pengendalian perubahan iklim.

Semua keunggulan ekosistem mangrove tersebut menjadi pertimbangan penting yang menyatu dengan upaya menjaga kestabilan tata kelola bentang alam dan perbaikan mutu lingkungan.

Baca juga : Piala Asia 2023, Panitia Mau Sumbangkan Pendapatan Tiket Buat Palestina

Perbaikan ekosistem mangrove secara akan memperkuat sosial ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, serta mendorong pembangunan hijau melalu green economy.

Mangrove memiliki multi manfaat, seperti menjadi lahan budidaya ikan, kepiting, udang melalui pola silvofishery, pengolahan produk mangrove non-kayu, serta wisata alam juga memperkuat pengembangan kawasan industry yang hijau (green industrial park).

Apalagi, sejak diresmikan setahun lalu, Ekowisata Mangrove Batu Lumbang yang terletak di pesisir selatan Kota Denpasar kini dapat dijadikan pilihan destinasi wisata alam, yang dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara saat berkunjung ke Pulau Dewata Bali. 

Baca juga : BBN Airlines Indonesia Fasilitasi Misi Pengiriman Bantuan Kemanusiaan Ke Palestina

Senior Manager Bali PGU I Made Harta Yasa mengatakan, ekowisata yang merupakan binaan dari PT PLN Indonesia Power ini merupakan destinasi wisata susur mangrove berbasis digital pertama yang ada di Kota Denpasar. 

Pengelola Ekowisata Mangrove Batu Lumbang mulai memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan ekowisata.

Pemanfaatan digital diterapkan mulai dari penggunaan QR Code untuk mendata jumlah wisatawan yang datang serta memperluas pemasaran ekowisata dan produk pemanfaatan Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) berupa stik mangrove, sirup dan kopi mangrove serta kain ecoprint melalui platform digital @ekowisatamangrove.batulumbang. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.