Dark/Light Mode

PLN Indonesia Power Sukses Kembangkan Mangrove Batu Lumbang

Jumat, 24 November 2023 16:02 WIB
Sekretaris Perusahaan PT PLN Indonesia Power Agung Siswanto (kanan), saat kunjungan ke hutan mangrove Batu Lumbang, Denpasar, Bali. 
Sekretaris Perusahaan PT PLN Indonesia Power Agung Siswanto (kanan), saat kunjungan ke hutan mangrove Batu Lumbang, Denpasar, Bali. 

 Sebelumnya 
Berbeda dari ekowisata mangrove di lokasi lain, Ekowisata Mangrove Batu Lumbang tidak hanya menawarkan wisata susur mangrove, namun juga memberikan edukasi terkait konservasi mangrove serta mengajak wisatawan untuk melakukan pemungutan sampah yang ada dikawasan hutan mangrove.

Pengelola ekowisata ingin memberikan pengalaman yang berbeda dari wisata susur mangrove lainnya, wisatawan tidak hanya dapat menikmati indahnya kawasan hutan mangrove namun juga turut menjaga kelestarian mangrove. 

Baca juga : Yenny Wahid: Indonesia Harus Kembali Dipimpin Santri

Ekowisata Mangrove Batu Lumbang merupakan program Community Development PLN Indonesia Power untuk mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s) salah satunya adalah SDG’s nomor 14 yakni menjaga ekosistem laut.

Bersama dengan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Segara Guna Batu Lumbang yang merupakan kelompok nelayan di kawasan hutan mangrove, PLN Indonesia Power terus melakukan pengembangan program mulai dari konservasi hutan mangrove hingga pendampingan pengembangan destinasi wisata. 

Baca juga : Piala Asia 2023, Panitia Mau Sumbangkan Pendapatan Tiket Buat Palestina

Program pengembangan Ekowisata Mangrove Batu Lumbang adalah komitmen perusahaan untuk terus berkontribusi pada kelestarian ekosistem hutan mangrove untuk mendukung penanganan perubahan iklim yang saat ini terjadi. 

“Pengembangan Ekowisata Mangrove Batu Lumbang tentunya juga tidak lepas dari kemitraan yang dijalin oleh perusahaan dengan para stakeholder diantaranya adalah dari masyarakat sekitar, perusahaan swasta lain, akademisi, media dan pemerintah," jelas Made. 

Baca juga : BBN Airlines Indonesia Fasilitasi Misi Pengiriman Bantuan Kemanusiaan Ke Palestina

Kedepannya Ekowisata Mangrove Batu Lumbang akan terus melakukan pengembangan, sehingga dapat menjadi destinasi wisata mandiri di Kota Denpasar.

Hadirnya ekowisata dapat menjadi diversifikasi usaha bagi para nelayan, selain itu juga menjadi tempat konservasi dan edukasi kelestarian ekosistem hutan mangrove yang tidak hanya menjawab permasalahan lingkungan, namun juga berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat pesisir. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.