Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet Kaltim Ventura, GandengTangan Kembangkan Pinjaman Produktif Bagi UMKM

Jumat, 24 November 2023 20:39 WIB
GandengTangan menggandeng Kaltim Ventura dalam menyediakan layanan pinjaman produktif. (Foto: Istimewa)
GandengTangan menggandeng Kaltim Ventura dalam menyediakan layanan pinjaman produktif. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - GandengTangan, penyedia layanan peer-to-peer lending bagi UMKM menggandeng Kaltim Ventura dalam kolaborasinya yang sudah berjalan selama setahun.

Kedua perusahaan ini berkomitmen terus mengembangkan layanan pinjaman usaha produktif dengan limit hingga Rp 500 juta.

Dana tersebut telah diterima oleh berbagai UMKM yang telah memenuhi persyaratan analisis risiko.

Sejak 2015, GandengTangan terus hadir memberikan bantuan bagi pelaku usaha, khususnya pedagang mikro di Indonesia.

CEO GandengTangan Jezzie Setiawan mengatakan, pihaknya terus melakukan pemerataan pembiayaan UMKM lewat kolaborasi berbagai lender untuk pendanaan di Jawa dan luar Jawa.

Baca juga : PSM Makassar Vs Persikabo, Waspada Kebangkitan Tim Papan Bawah

Kolaborasi bersama Kaltim Ventura sendiri menjadi kali pertama GandengTangan menggandeng lender dari Kalimantan Timur.

“Kami bangga bahwa kolaborasi yang berjalan sejak 2022 telah mampu membawa manfaat yang maksimal bagi pelaku usaha. Di momentum Bulan Fintech Nasional, kami berharap bisa terus menjangkau masyarakat yang belum tersentuh layanan jasa keuangan,” ungkapnya dalam keterangan, Jumat (24/11/2023).

Dikatakan Jezzie, pengajuan pembiayaan pun tak sulit. Jika pelaku usaha di Kalimantan Timur dan sekitarnya tertarik mengajukan dana pinjaman, mereka bisa mengajukan melalui Kaltim Ventura atau cukup mengajukan secara online melalui website GandengTangan.co.id dan mengisi formulir sebagai peminjam.

Memiliki izin resmi dan diawasi OJK, GandengTangan telah menjangkau UMKM di seluruh pulau Jawa, Bali, Bengkulu, Sulawesi, hingga Kalimantan Timur dengan total lebih dari 28 ribu entitas UMKM.

Di tahun 2023, GandengTangan telah menyalurkan dana lebih dari Rp 150 miliar.

Baca juga : Mama Wati Menangis Haru Bisa Bertemu Kembali Dengan Ganjar Pranowo Di Jayapura

Hal ini menambah akumulasi keseluruhan penyaluran dana dari awal hadir, yakni lebih dari Rp 250 miliar.

Secara potensi, keterampilan digital wilayah Kalimantan Timur yakni sebesar sebesar 3,62 dari skala 1-5 poin pada 2022. Skor tersebut jauh lebih besar daripada skor nasional 3,54 poin.

Hal ini yang senantiasa berpotensi lahir bisnis-bisnis dengan kapabilitas literasi dan finansial yang tinggi atau kelompok bisnis unggul.

Melihat potensi ini, Kaltim Ventura terus melakukan pendekatan ke pelaku Gerakan Ekonomi Kreatif (GEKRAF) Samarinda.

Sebagai salah satu Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD), Kaltim Ventura memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dari BPR karena menawarkan layanan lain seperti obligasi konversi yang tidak dimiliki lembaga keuangan lain.

Baca juga : Sasar Kalimantan, PLN Energi Primer Indonesia Kembangkan Teknologi CBF

Sementara itu, Direktur Utama Kaltim Ventura Hanif mengatakan, Kaltim menyimpan segudang potensi yang penting untuk dimaksimalkan.

Penyaluran pendanaan yang cepat dan mudah bagi UMKM sendiri tentu dapat mengoptimalkan ekosistem pertumbuhan UMKM. Saya melihat hal ini sangat tercermin dari GandengTangan.

“GandengTangan mampu memberikan akses yang mudah diakses dan memiliki jangkauan UMKM seluruh Indonesia. Semoga kolaborasi yang telah berjalan ini bisa semakin panjang dan mampu memberi manfaat luas bagi UMKM khususnya di Kalimantan Timur,” harapnya.

Beroperasi sejak 1995, Kaltim Ventura telah menjangkau lebih dari 400 nasabah yang tersebar di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, dengan total akumulasi penyaluran yang sudah disalurkan lebih dari 700 miliar rupiah hingga awal 2023.

Kaltim Ventura menyediakan layanan akses keuangan mulai dari penyertaan saham/obligasi konversi, pembiayaan usaha produktif.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.