Dark/Light Mode

Bamsoet Puji Kiprah Wanita Penerus Pelopor Kemerdekaan Kembangkan UMKM

Kamis, 2 November 2023 20:31 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo menerima DPP Wanita Penerus Pelopor Kemerdekaan Bangsa Indonesia, di Jakarta, Kamis (2/11). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo menerima DPP Wanita Penerus Pelopor Kemerdekaan Bangsa Indonesia, di Jakarta, Kamis (2/11). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi kiprah organisasi Wanita Penerus Pelopor Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang turut menggerakkan anggotanya untuk terjun ke dalam berbagai sektor UMKM. Politisi yang akrab disapa Bamsoet ini menyatakan, pemberdayaan UMKM merupakan upaya kolektif dan inklusif, dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk kalangan wanita.

"Kita bersyukur, hingga Juni 2023, sekitar 22,7 juta UMKM di Indonesia sudah masuk pada ekosistem digital. Namun angka tersebut baru merepresentasikan sekitar 35 persen dari total UMKM yang ada, sehingga langkah-langkah dan strategi untuk membangun literasi digital bagi pelaku UMKM harus menjadi program prioritas. Jika perlu, target 30 juta UMKM yang go digital di 2024 ditingkatkan menjadi 50 juta UMKM," ujar Bamsoet, usai menerima DPP Wanita Penerus Pelopor Kemerdekaan Bangsa Indonesia, di Jakarta, Kamis (2/11).

Baca juga : Fraksi PKS DPR: Santri Penerus Ulama Dan Pemimpin Bangsa

Pengurus DPP Wanita Penerus Pelopor Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang hadir antara lain, Hediati, Chairunnisak, Iflahah Z, Linda Mutia, Masniar Tanjung, Hayati Nawawi, Nurmiati.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, UMKM merupakan entitas perekonomian nasional yang vital bagi perekonomian nasional. UMKM juga menjadi bangun perekonomian yang selaras dengan amanat konstitusi pasal 33 ayat 4, dengan salah satu aspek yang mendasari penyelenggaraan perekonomian nasional adalah prinsip kemandirian.

Baca juga : Zhao Leji Apresiasi Peningkatan Kerja Sama Dengan Indonesia

"Meskipun demikian, sektor UMKM masih menemui beberapa kendala dalam pengembangan usaha. Salah satunya tercermin dari angka penyaluran kredit kepada UMKM secara industri yang baru mencapai 20 persen. Ini masih jauh dari target pemerintah yang memproyeksikan penyaluran kredit bagi UMKM dapat mencapai 30 persen pada 2024," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, para pelaku UMKM di lapangan juga masih menghadapi berbagai persoalan dalam mengakses kredit. Pemberlakuan mitigasi risiko yang diterapkan dunia perbankan, misalnya dengan cara permintaan jaminan yang besar dan pemberlakuan persyaratan yang ketat, cenderung mencederai karakteristik usaha UMKM sebagai usaha kecil dan menengah yang memiliki keterbatasan sumberdaya.

Baca juga : Waspada, Isu Khilafah Belokkan Perjuangan Memerdekakan Palestina

"Selain terkendala persyaratan kredit, harus kita akui bahwa belum semua UMKM memiliki tingkat literasi keuangan yang memadai, sehingga masih memerlukan dukungan pembinaan. Literasi keuangan menjadi isu yang krusial, karena masih sangat timpang dengan indeks inklusi keuangan. Sebagai gambaran, indeks literasi keuangan nasional 2022 sebesar 49,68 persen, sangat timpang dengan indeks inklusi keuangan yang sudah mencapai 85,1 persen," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.