Dark/Light Mode

Sejak 2007, Toyota Jual 2.284 Mobil Hybrid

Kamis, 10 Oktober 2019 17:19 WIB
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy. (Foto: Aditya Nugroho/Rakyat Merdeka)
Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy. (Foto: Aditya Nugroho/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat penjualan mobil Hybrid terus meningkat. Hal ini seiring dengan bertambahnya jumlah varian yang dikeluarkan oleh Toyota.

Tahun ini, PT Toyota-Astra Motor telah mendatangkan 3 varian hybrid yaitu Camry Hybrid, C-HR Hybrid dan Corolla Altis Hybrid. “Minat masyarakat terhadap mobil elektrifikasi semakin tinggi. Hal ini sejalan dengan sosialisasi kebijakan pengembangan industri mobil elektrifikasi yang dilakukan pemerintah, peningkatan minat masyarakat itu tentu juga tidak terlepas dari meningkatnya kesadaran terhadap lingkungan hidup,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy di Bali, Kamis (10/10).

Baca juga : Serunya Jajal Toyota Hybrid Di Banyuwangi

Sejauh ini, kehadiran varian C-HR Hybrid berhasil mendongkrak penjualan mobil hybrid Toyota brand menjadi rata-rata 88 unit per bulan sepanjang April-Agustus 2019. “Dan yang tidak kalah penting, pengetahuan konsumen terhadap mobil elektrifikasi juga semakin luas,” tambahnya.

Menuru dia, kehadiran varian Carolla Altis Hybrid pada September lalu diharapkan bisa lebih mendongkrak penjualan mobil hybrid di bulan-bulan mendatang. “Kami optimis prospek pasar mobil hybrid akan terus meningkat,” kata Anton.

Baca juga : Gandeng UGM, Toyota Perkuat Daya Saing Industri

Harga C-HR Hybrid dan Corolla Hybrid cukup bersaing. C-HR ditawarkan pada harga Rp 523 juta, hanya Rp 30 juta lebih tinggi dibandingkan varian biasa Rp 493 juta. Sedangkan Corolla Hybrid dipasarkan Rp 566 juta atau hanya berbeda Rp 77 juta dibandingkan varian biasa.

Selisih harga tersebut relatif kecil dibandingkan benefit besar yang didapat konsumen. Tidak hanya dari sisi efisiensi pemakaian bahan bakar, varian hybrid juga menawarkan akselerasi yang lebih baik dibandingkan varian berbahan bakar gasoline.

Baca juga : Naik Tipis, Toyota Jual 6.128 Unit Mobil Di GIIAS

Secara total, penjualan mobil hybrid Toyota brand di Indonesia sejak 2007 hingga Agustus 2019 mencapai 2.284 unit. Toyota Camry Hybrid merupakan mobil hybrid yang paling banyak terjual selama kurun waktu tersebut yaitu sebanyak 1.469 unit, atau berkontribusi sekitar 64,3 persen dari total penjualan hybrid Toyota brand. Kemudian diikuti oleh Toyota C-HR Hybrid sebanyak 245 unit, yang berkontribusi sekitar 10,7 persen dari total penjualan. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.