Dark/Light Mode

Ekonomi Bali Mulai Bangkit

PLTDG Pesanggaran Pastikan Pasokan Listrik Nataru Aman

Sabtu, 25 November 2023 12:02 WIB
Ekonomi Bali Mulai Bangkit PLTDG Pesanggaran Pastikan Pasokan Listrik Nataru Aman

RM.id  Rakyat Merdeka - Terletak di Selatan Kota Denpasar tepatnya di Banjar Pesanggaran sebagai salah satu sub holding PT PLN (Persero), PT PLN Indonesia Power melalui unit Bali Power Generation Unit (PGU) memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Diesel dan Gas (PLTDG).

PLTDG ini memiliki daya mampu sebesar 294 MW yang memegang peranan strategis ketenagalistrikan di Provinsi Bali sebesar 39 persen dengan beban puncak sampai dengan November 2023 sebesar 1.055.3 MW. 

PLTDG Pesanggaran menjadi 1 dari 3 unit pembangkitan tenaga listrik yang dimiliki PT PLN Indonesia Power Bali PGU bersama PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas) Pemaron di Pulau Bali bagian utara dan PLTG Gilimanuk di Pulau Bali bagian barat.

Pasca pandemic Covid-19, Pulau Bali berangsur membaik, wisatawan mulai kembali berdatangan dan perekonomianpun juga kembali normal, yang menandakan kebutuhan listrik juga semakin meningkat terutama di peak season Natal dan Tahun Baru (Nataru), di Desember-Januari.

Menyikapi kondisi ini PLTDG Pesanggaran memastikan, pasokan listrik aman dan handal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Baca juga : OJK: Persaingan Perbankan Syariah Bakal Lebih Sehat

Dalam menjalankan proses operasi bisnis, PLTDG Pesanggaran selalu memastikan bahwa seluruh proses operasi pembangkit telah memenuhi standar dan ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

Emisi yang dikeluarkan dari proses operasi pembangkit telah memenuhi baku mutu, sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Sedangkan disisi sosial, PLTDG Pesanggaran berkomitmen untuk terus menjalakan tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) melalui program pemberdayaan masyarakat, di sekitar lingkungan perusahaan.

Hal itu dilakukan, untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG’s) diantaranya adalah program konservasi mangrove dan pengelolaan wisata di kawasan hutan mangrove milik UPTD Tahura Ngurah Rai melalui Ekowisata Mangrove Batu Lumbang.

Kemudian juga program pemberdayaan kepada ODHIV (Orang dengan HIV) melalui Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Sekar Jempiring.

Baca juga : Peran Negara Krusial Pastikan Pemerataan Distribusi Bahan Bakar Pesawat

Selanjutnya, ada pprogram pengolahan sampah menjadi pellet melalui kelompok TPS3R Nangun Resik di Desa Paksa Bali. 

Sebagai bentuk bukti ketaatan terhadap lingkungan dan tanggung jawab sosial melalui program pemberdayaan masyarakat, PLTDG Pesanggaran telah berhasil mendapatkan PROPER Emas dari KLHK sebanyak 5 kali berturut-turut sejak tahun 2018. 

PROPER Emas merupakan penghargaan tertinggi yang dianugerahkan kepada perusahaan yang terbukti melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dan melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan.

Senior Manager Unit Bali PGU I Made Harta Yasa menyampaikan, dalam menjalankan proses bisnis PLTDG Pesanggara berkomitmen untuk terus menyediakan pasokan listrik yang aman dan andal, serta menaati aturan baku mutu emisi sehingga tidak menimbulkan dampak kepada lingkungan dan masyarakat sekitar. 

“Kami juga terus berkomitmen untuk melaksanakan program TJSL sebagai bagian dari kontribusi perusahaan, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memelihara kelestarian lingkungan hidup yang berakar pada kosmologi  Tri Hita Karana," tambah Made.

Baca juga : Menhub: Persiapkan Angkutan Nataru dengan Baik

Sejalan dengan akselerasi trasisi energi, PLTDG Pesanggaran juga turut mengembangkan dan memanfaatkan energi baru terbarukan, dengan pemasangan solar panel pada atap bangunan gedung kantor untuk kebutuhan listrik perusahaan dengan total kapasitas sebesar 540,5 kWp. 

Tidak hanya PLTS Atap pada bangunan kantor PLTDG Pesanggaran, terdapat PLTS Atap pada bangunan kantor PLTG Pemaron, serta dibangun PLTS Terapung Muara Nusa Dua sebesar 100 kWp yang menjadi salah satu showcase pada perhelatan Presidensi G20 Indonesia dan juga telah dibangun PLTS Nusa Penida 3,5 mWp (BESS 3,5-1,84 MWh).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.