Dark/Light Mode

Gelar Temu Daerah, BEM Nusantara DKI Suarakan Keadilan Hukum dan Sosial

Rabu, 1 November 2023 10:53 WIB
Badan Eksekutif Mahasiswa BEM Nusantara DKI Jakarta menggelar Temu Daerah bertema Revitalisasi Moral, Etika, dan Produktivitas Generasi Muda sebagai Generasi Emas dan Pemimpin Bangsa dalam Menjawab Tantangan Global di Bogor, Jawa Barat, pada 28-29 Oktober. (Foto: Ist)
Badan Eksekutif Mahasiswa BEM Nusantara DKI Jakarta menggelar Temu Daerah bertema Revitalisasi Moral, Etika, dan Produktivitas Generasi Muda sebagai Generasi Emas dan Pemimpin Bangsa dalam Menjawab Tantangan Global di Bogor, Jawa Barat, pada 28-29 Oktober. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara DKI Jakarta menggelar Temu Daerah bertema "Revitalisasi Moral, Etika, dan Produktivitas Generasi Muda sebagai Generasi Emas dan Pemimpin Bangsa dalam Menjawab Tantangan Global di Bogor, Jawa Barat, pada 28-29 Oktober.

Acara tersebut digelar untuk mempromosikan kesadaran moral dan etika serta meningkatkan produktivitas generasi muda dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks sekaligus pergantian kepemimpinan koordinator daerah BEM Nusantara DKI Jakarta.

Acara itu dihadiri oleh berbagai delegasi BEM DKI Jakarta yang berkumpul untuk berbagi gagasan, pengalaman, dan strategi dalam upaya membangun generasi muda yang unggul dalam segi moral, etika, dan produktivitas.

Tema yang diangkat dalam acara ini menjadi cermin pentingnya kualitas kepemimpinan dan peran generasi muda dalam masa depan Indonesia.

Baca juga : Bantu Palestina, BAZNAS Salurkan Bantuan Kemanusiaan Rp 12 Miliar

Dalam kegiatan temu daerah itu, Rahmatul Fajri dari Universitas Islam Jakarta terpilih sebagai Koordinator Daerah BEM Nusantara DKI Jakarta yang akan menakhodai BEM Nusantara DKI Jakarta di periode yang baru. 

Pada kesempatan itu, Rahmatul Faji menyampaikan dari tahun ke tahun degradasi Negara Kesatuan Republik Indonesia sangat jelas.

Menurut dia, ekonomi, sosial, dan hukum mengalami penurunan yang sangat drastis yang mengakibatkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada lembaga pemerintahan sudah pudar. 

"Saya percaya ketika mahasiswa hukum, mahasiswa yang paham sosial, dan mahasiswa yang fasih meneliti perekonomian mampu bekerja sama secara kolektif dan kolegial dalam menghadapi gejolak keterpurukan ini, niscaya segala bentuk kezaliman dan keterpurukan bangsa bisa teratasi dengan cepat," ujar Fajri.

Baca juga : Ganjar: Berkat Penugasan Partai Saya Bisa Hadirkan Kebijakan Untuk Rakyat

Fajri juga mengungkapkan sangatlah tidak masuk akal ketika secara teritorial bangsa Indonesia sangat besar dan secara kekayaan alamnya bangsa Indonesia bisa dikatakan sebagai dapur dunia dan sangatlah tidak pantas ketika ekonomi kita sulit.

"Kemudian secara hukum bahwa negara kita sangat menjujung tinggi hukum itu sendiri dan sangatlah tidak pantas Ketika hukum hanya mengakomodir kepentingan sebagian pihak, kemudian secara sosial dan budaya kita mendapatkan pengakuan untuk berkerukan dalam berbagi macam perbedaan dan sangatlah tidak pantas Ketika rasisme terus diperthankan," ucapnya.

Pada kegiatan tersebut, demisioner Korda BEM Nusantara DKI Jakarta Asra Yunadi Rusbal menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan saat memimpin BEM Nusantara DKI.

"Harapan besar dari saya adalah temen-teman selalu merangkul, utamanya menyuarakan aspirasi masyarakat," katanya.

Baca juga : Relawan Orang Muda Ganjar Sulsel Kembangkan Potensi Pemuda Desa

Sementara itu, Koordinator Pusat BEM Nusantara Ahmad Supardi berharap BEM Nusantara DKI Jakarta terus menyatukan persepsi sebagai penyambung lidah masyarakat kepada pemerintah agar terus ditingkatkan.

"Acara ini juga menandai komitmen bersama BEM Nusantara untuk terus berperan aktif dalam membangun generasi muda yang berkualitas dan memiliki nilai moral yang tinggi," ungkapnya.

Dalam semangat kerja sama dan kesatuan, BEM Nusantara berjanji untuk menjadi agen perubahan dalam menjawab tantangan global dan mewujudkan masa depan yang lebih cerah bagi bangsa Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.