Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Dukung Inovasi Energi

Elnusa Kembangkan Perangkat Uji Kapasitas Produksi Sumur Geothermal

Rabu, 29 November 2023 11:43 WIB
Perangkat Geoflowtest, perangkat uji kapasitas produksi sumur geothermal untuk mendapatkan real time data yang lebih akurat, efektif, dan efisien.
Perangkat Geoflowtest, perangkat uji kapasitas produksi sumur geothermal untuk mendapatkan real time data yang lebih akurat, efektif, dan efisien.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Elnusa Tbk (Elnusa), melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Utama (SCU), bersinergi dengan PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) turut berkontribusi dalam proses digitalisasi transisi energi terbarukan yang berkelanjutan.

Hal tersebut diwujudkan melalui kerja sama pengembangan perangkat uji kapasitas produksi sumur geothermal untuk mendapatkan real-time data yang lebih akurat, efektif, dan efisien. Perangkat ini diberikan nama Geoflowtest.

Baca juga : Bangun Akademi, GISAID Dukung Indonesia Kembangkan Data Genom

Energi Baru Terbarukan (EBT) sebagai salah satu energi alternatif merupakan solusi untuk transisi dari penggunaan energi fosil beralih ke energi yang lebih ramah lingkungan.

Sinergi antara PGE dan SCU ini diharapkan dapat menjadi kontribusi strategis untuk mengakselerasi Indonesia bertransisi ke energi geothermal yang jauh lebih bersih, dan minim polusi.

Baca juga : Lestari: Kembangkan Pariwisata Nasional, Kualitas SDM Perlu Digenjot

Menurut PGE, saat ini kegiatan pengujian kapasitas produksi sumur di lapangan masih dilakukan secara konvensional dengan tingkat risiko safety yang tinggi dan juga berpotensi menaikkan nilai error pada data hasil uji produksi.

Dampaknya sangat krusial, dikarenakan hasil data tersebut digunakan untuk melihat performance sumur dan monitoring kontinuitas reservoir lapangan geothermal.

Baca juga : PLN Indonesia Power Sukses Kembangkan Mangrove Batu Lumbang

Berdasarkan kondisi tersebut dan berbekal dari pengalaman operasi-produksi yang cukup lama di industri geothermal, Mohamad Husni Mubarok PhD, selaku Production & Operation Excellence Manager di PGE, berhasil menginisiasi dan mengembangkan konsep desain sebuah inovasi perangkat Well Test IoT yang Portable sebagai jawaban dari technology gap dan permasalahan uji produksi yang ada saat ini.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.