Dark/Light Mode

WICA 2023 Momen Tingkatkan Penjualan Produk Dalam Negeri

Kamis, 30 November 2023 16:20 WIB
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di ajang WICA 2023 di Posbloc, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023). Foto: Istimewa
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di ajang WICA 2023 di Posbloc, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, ajang Wonderful Indonesia Co-Branding Award (WICA) 2023, menjadi momentum untuk meningkatkan penjualan produk dan jenama dalam negeri.

"Masing-masing brand merasakan manfaat peningkatan penjualan dan exposure serta brand image-nya bersama Wonderful Indonesia," kata Sandiaga, di Posbloc, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

Beragam merek yang berpartisipasi di acara itu, sebelumnya telah sepakat menjalin kolaborasi dengan Kemenparekraf untuk mengusung tagline Wonderful Indonesia.

Baca juga : Petrokimia Gresik Dinobatkan Sebagai Supply Chain Innovator of The Years

"Kita ingin para pelaku UMKM ini mampu menyusul brand-brand yang lebih terkenal untuk menghasilkan peluang peningkatan penjualan produk sehingga bisa membuka lapangan kerja yang lebih luas. Bagi kami, ini adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi serta memperkuat brand identity dari 'Wonderful Indonesia' yang harus terus kita jaga dan kawal bersama-sama," sambungnya.

Mas Menteri sebutan akrabnya, juga berharap kolaborasi co-branding ini, bisa memberikan dampak bagi shared brand equity Wonderful Indonesia dan menegaskan pentingnya penggunaan logo secara benar.

"Harapan saya, sebagai salah satu brand guardian dari Wonderful Indonesia, adalah setiap entitas yang mendapatkan hak untuk membawa, mengusung, dan menggunakan identitas ini, agar dapat menjaganya dengan baik. Agar brand equity tidak diluted, tentunya kualitas mitra juga akan kami jaga agar sesuai dengan brand objective kami," selorohnya.

Baca juga : Gaet Kaltim Ventura, GandengTangan Kembangkan Pinjaman Produktif Bagi UMKM

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Ni Made Ayu, mengatakan ada empat kategori yang diperebutkan tahun ini oleh merek-merek yang berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Selain itu, Made juga menekankan pentingnya konsistensi dalam menggunakan logo Wonderful Indonesia.

"Kami harap, setiap mitra Wonderful Indonesia, dapat secara konsisten memanfaatkan identitas kita bersama di berbagai kesempatan dan platform," tutup Ni Made.

Baca juga : SKK Migas Bidik Peningkatan Industri Migas Dalam Negeri

Ada pun, daftar pemenang dalam ajang penghargaan Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2023, adalah sebagai berikut. Most Collaborative Award; Grab; W'dank; Hydro Coco. Most Engaging Brand; Grab; KitKat; Tiket.com. Most Innovative Brand; Tiket.com; Finna; KAI Wisata. Rising Star Brand; Pala Nusantara; Hatten Wines; Atlas Beach Club.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.