Dark/Light Mode

Toyota Rangga Concept, Mobil Komersial Modern Penerus Kijang Pick Up

Kamis, 7 Desember 2023 09:38 WIB
Toyota Rangga Concept. (Foto: Ist)
Toyota Rangga Concept. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota-Astra Motor (TAM) siap meluncurkan Toyota Rangga Concept tahun depan. Mobil ini ditargetkan menjadi penerus Kijang Pick Up dan dapat mendukung berbagai kebutuhan bisnis di Indonesia.

Toyota pertama kali mengenalkan Toyota Rangga Concept pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD, Tangerang, Agustus 2023. Kehadiran mobil ini langsung menjadi pusat perhatian.

Di GIIAS, Toyota juga memamerkan berbagai konversi dari Rangga Concept. Mulai dari Rangga Concept Mobile Café, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Charge Mobile Service, sampai Rangga Concept Pace Car.

Tidak hanya di GIIAS, Toyota Rangga Concept juga sudah dipamerkan di ajang pameran otomotif internasional yaitu Japan Mobility Show (JMS) 2023 di Tokyo Big Sight Jepang, 26 Oktober–5 November 2023. Toyota-Astra Motor memajang Rangga Concept Mobile Café yang disulap menjadi Tukuliling hasil kerja sama dengan Toko Kopi Tuku.

Toyota Rangga Concept merupakan implementasi dari pilar mobilitas Toyota global. Bersama Electrification dan Intelligence, terdapat satu pilar lainnya yaitu Diversification. Ketiga pilar tersebut telah diaplikasikan pada kendaraan elektrifikasi Toyota di Indonesia. Toyota Rangga Concept sendiri merupakan bagian dari pilar Diversification. Lebih tepatnya adalah Diversification of Usage.

Baca juga : Sambut Hari Tata Ruang Nasional, Pos Indonesia Komit Ciptakan Energi Hijau

Pilar Diversification of Usage berarti bahwa Toyota Rangga Concept memberikan peluang untuk pengembangan atau penganekaragaman mobilitas. Rangga sebagai concept car mampu memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat yang lebih luas, yaitu dapat menunjang aktivitas berbagai bidang usaha.

“PT Toyota-Astra Motor (TAM) ingin membangkitkan kembali commercial market yang sejak dulu telah banyak berkontribusi dalam mensejahterakan perekonomian dan masyarakat Indonesia,” ujar Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Sejarah panjang Toyota dalam menghadirkan dan mengembangkan mobil niaga serbaguna merupakan cikal bakal kendaraan komersial yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Dimulai oleh Toyota Kijang Pick Up generasi pertama pada tahun 1977.

Toyota Rangga Concept

Toyota Kijang menorehkan sejarah positif karena mampu mendorong perkembangan industri otomotif di Indonesia dan berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional. Selain berkontribusi dalam mendukung roda ekonomi, Kijang juga bertransformasi sebagai passenger car yang sanggup memenuhi kebutuhan keluarga dari generasi ke generasi.

Track record Toyota di segmen commercial car berlanjut dengan IMV (Innovative International Multi-Purpose Vehicle) Project di tahun 2002. Project satu platform untuk tiga jenis kendaraan ini menghadirkan Toyota Hilux yang sukses menjadi kendaraan komersial sekaligus lifetsyle pelanggan.

Baca juga : Toyota Rangga Concept Hadir Di Japan Mobility Show 2023

Hingga kini masyarakat telah mempercayai kendaraan niaga Toyota yang identik dengan reliability, durability, dan versatility. Commercial vehicle Toyota secara konsisten telah menunjukkan kemampuannya dalam mendukung kebutuhan bisnis, serta berkontribusi pada perekonomian nasional.

Kehadiran Toyota Rangga Concept juga bertujuan untuk membangkitkan kembali industri kendaraan niaga, serta turut berkontribusi pada pertumbuhan dan kesejahteraan Indonesia. “Toyota menghadirkan mobil konsep Rangga untuk dapat meneruskan warisan kesuksesan dari iconic Kijang Pick Up yang dikenal akan ketangguhan dan keandalannya, serta mampu memberikan solusi mobilitas yang ekonomis dan sesuai kebutuhan para pelaku usaha,” ujar Henry.

Silsilah nama Rangga diambil dari warisan budaya Indonesia, yang terinspirasi dari bahasa Jawa “Ronggo” yang melambangkan Ksatria atau Hero (Pahlawan). Dalam sejarahnya, nama Rangga juga dipercaya kuat dan tangguh.

 Melalui arti nama Rangga tersebut, harapannya mobil ini dapat menjadi pahlawan bagi para pelaku usaha di Indonesia karena dapat membantu banyak orang dengan memberikan berbagai solusi tepat  guna yang dapat diandalkan dan berkelanjutan, terutama untuk bisa berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian nasional.

Selain itu, Toyota Rangga Concept diharapkan dapat menggerakkan industri otomotif seperti halnya Kijang Pick Up. Karena seperti diketahui, dulu Toyota menggandeng para karoseri lokal atau body builder untuk melakukan konversi Kijang Pick Up.

Baca juga : Tekan Emisi, Toyota Kembangkan Mobil Listrik Dan Etanol

Dengan begitu, Toyota Rangga Concept dipercaya menjadi sebuah mobil niaga serbaguna yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, dan dapat diandalkan. Dan sekarang, langkah ini kembali dilakukan pada Toyota Rangga Concept yang melibatkan para perusahaan lokal karoseri dan industri pendukungnya yang akan turut menciptakan inovasi yang lebih baik bersama kehadiran Rangga.

“Seperti arti nama Rangga sebagai Hero atau Pahlawan, Toyota telah menyiapkan suatu ekosistem yang mampu membaca dan memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat, serta dapat memberikan banyak kemudahan dalam berbagai bisnis yang sedang atau akan dijalankan,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Dalam ekosistem tersebut, kata Anton, Toyota melibatkan berbagai macam value chain. Mulai dari ekosistem konversi yang melibatkan karoseri lokal atau body builder, ekosistem financing solution, hingga ekosistem layanan after sales yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

“Sebagai Hero, Rangga diharapkan mampu mem-provide Multi-Solution for All dan membantu lebih banyak orang untuk mendapatkan hasil akhir yang memuaskan,” tukasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.