Dark/Light Mode

Perkuat Digitalisasi, KUKMI Siap Jembatani Kolaborasi UMKM Dengan Usaha Besar

Minggu, 10 Desember 2023 08:37 WIB
Ketum KUKMI Yudianto Tri di sela-sela HUT KUKMI yang ke-44 sekaligus pelantikan Dewan Pimpinan Pusat KUKMI Periode 2023-2028 di Hotel Aston TB Simatupang Jakarta pada Sabtu (9/12). (Foto : Ist)
Ketum KUKMI Yudianto Tri di sela-sela HUT KUKMI yang ke-44 sekaligus pelantikan Dewan Pimpinan Pusat KUKMI Periode 2023-2028 di Hotel Aston TB Simatupang Jakarta pada Sabtu (9/12). (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Kerukunan Usahawan Kecil dan Menengah  (KUKMI) Yudianto Tri bertekad menjembatani kolaborasi stakeholder UMKM termasuk pemerintah dan sektor usaha besar supaya  UMKM lebih mumpuni bukan sekedar naik kelas.

Untuk mencapai sasaran UMKM ideal tersebut, KUKMI akan membekali anggotanya dengan kemampuan menguasai penggunaan digitalisasi informasi yang mulai digalakkan tahun 2024 mendatang.

"Kami ingin anggota KUKMI melek digital sehingga tidak gagap teknologi pada saat bermitra dengan sektor usaha besar maupun saat memasuki dunia ekspor," ujar Yudianto di sela-sela HUT KUKMI yang ke-44 sekaligus pelantikan Dewan Pimpinan Pusat KUKMI Periode 2023-2028 di Hotel Aston TB Simatupang Jakarta pada Sabtu (9/12).

Baca juga : Ikuti Senam Sehat, Caleg PPP Sintawati Silaturahmi Dengan Warga Jaksel

Yudianto menambahkan sinergi dan kolaborasi antara stakeholder UMKM dengan pengusaha besar seyogianya berlangsung kontinyu sehingga keduanya dapat tumbuh bersama dalam tatanan ekonomi yang berkeadilan.

Atas dasar ini sambung Yudianto, KUKMI bakal lebih aktif dalan mendorong pertumbuhan usaha anggotanya, termasuk menyiapkan perangkat digitalisasi informasi. Disiapkannya perangkat digitalisasi papar Yudianto, di era yang bergerak serba digital saat ini, mustahil bisa menggiring kolaborasi dengan usaha besar jika UMKM masih belum melek digital.

"UMKM bakal tetap dipinggiran apabila hanya bergerak sendiri-sendiri dan tidak mampu produksi usaha  skala industrial," tegas Yudianto.

Baca juga : Gobel Jempolin Kolaborasi Maestro Dengan Para Pelukis Difabel

Yudianto menjelaskan, KUKMI akan tegak lurus dengan program pemerintah yang bertekad menjadikan UMKM berdaya saing kuat di negeri sendiri. Atas dasar itu, KUKMI sangat mendukung  upaya pemerintah menjadikan UMKM berkualitas atau naik kelas.

Namun demikian, lanjut Yudianto, jangan hanya sebatas jargon tetapi harus  jelas indikatornya. "Di kelas apa? Apakah lingkungan ekonomi dan regulasi yang ada sudah mendukung,? tanyanya.

Untuk mendukung UMKM naik kelas, lanjut Yudianto tugas besar organisasi ini adalah membangun dan menciptakan formulasi berbagai program. Sebagai langkah konkret pemberdayaan UMKM tandas Yudianto, pada 2024 mendatang KUKMI akan meluncurkan Platform KUKMI Digital yang saat ini sedang diformulasikan.

Baca juga : Kemenkop UKM Jempolin UMKM Binaan Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia

Upaya ini melibatkan sejumlah pihak terkait antara lain dengan beberapa  startup nasional pilihan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.