Dark/Light Mode

Genjot Nilai Tambah Untuk Perekonomian Nasional

Hilirisasi Kunci Sukses Capai Target Investasi

Selasa, 12 Desember 2023 07:10 WIB
Menteri Investasi/Kepala Badan koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (ANTARA/HO-Kementerian Investasi/BKPM)
Menteri Investasi/Kepala Badan koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. (ANTARA/HO-Kementerian Investasi/BKPM)

 Sebelumnya 
Hilirisasi juga dapat mendukung pencapaian sasaran Sustainable Development Goals (SDGs), khususnya terkait penciptaan lapangan kerja yang layak, mitigasi perubahan iklim dan pengentasan kemiskinan serta ketimpangan.

Bahlil menjelaskan, Indonesia memiliki potensi penyimpanan karbon dioksida (CO2) terbesar di dunia, sehingga investor bisa membangun hilirisasi menggunakan sumber energi baru terbarukan, sekaligus tetap berkontribusi pada upaya mengurangi emisi lewat teknologi Carbon Capture, Utilization and Storage (CCUS).

Baca juga : Ganjar Beberkan Strategi Hilirisasi Nikel untuk Sulawesi Tengah

Teknologi CCUS adalah teknologi inovatif yang dapat menangkap emisi CO2 dari operasi industri dan pembangkit listrik, sehingga tidak terlepas ke atmosfer.

Bahlil menegaskan, kementerian Investasi/BKPM melakukan pengawalan investasi dari hulu ke hilir, khususnya pada sektor prioritas, mulai dari promosi investasi, penerbitan perizinan berusaha dan berbagai insentif, financial closing, konstruksi, sampai dengan berproduksi komersial.

Baca juga : 514 Ribu Tiket Piala Dunia U-17 Ludes, Jumlah Penonton Lampaui Target FIFA

Sebelumnya, Menteri koordinator Bidang kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim Erick Thohir menyebut, investor China yang berinvestasi di Indonesia membawa perubahan yang signifikan. Terutama di bidang hilirisasi industri yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja.

Erick mengatakan, kemitraan strategis juga berhasil menorehkan sejumlah capaian penting seperti konektivitas infrastruktur, kereta cepat Jakarta-Bandung, hilirisasi industri khususnya mineral kritis, serta energi hijau dan transisi energi.

Baca juga : Pemerintah Waspadai Ekonomi China Lambat

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Selasa 12/12/2023 dengan judul Genjot Nilai Tambah Untuk Perekonomian Nasional, Hilirisasi Kunci Sukses Capai Target Investasi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.