Dark/Light Mode

Giro Kartini CIMB Niaga Bantu Pengembangan Usaha UKM Wanita

Senin, 18 Desember 2023 20:32 WIB
CIMB Niaga melalui produk Giro Kartini, meraih apresiasi dalam ajang Asian Banking Finance ABF Retail Banking Awards 2023. (Foto: Ilustrasi CIMB Niaga)
CIMB Niaga melalui produk Giro Kartini, meraih apresiasi dalam ajang Asian Banking Finance ABF Retail Banking Awards 2023. (Foto: Ilustrasi CIMB Niaga)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga melalui produk Giro Kartini, meraih apresiasi dalam ajang Asian Banking & Finance (ABF) Retail Banking Awards 2023.

Dalam acara tersebut, Giro Kartini CIMB Niaga dinobatkan sebagai Banking for Women Initiative of the Year-Indonesia.

Giro Kartini merupakan produk simpanan untuk para pemimpin dan pengusaha wanita (womenpreneur) di Indonesia yang pertama kali diluncurkan pada 2022.

Produk ini mendapatkan penghargaan karena dinilai dapat mendukung para pengusaha wanita agar lebih sukses dalam mengembangkan bisnisnya di bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) atau Emerging Business Banking (EBB).

Baca juga : Picu Ekonomi Daerah, Ganjar Komit Dorong Pengembangan Desa Wisata

Head of EBB CIMB Niaga Tony Tardjo mengatakan, penghargaan dari lembaga independen berskala internasional ini, menjadi penyemangat dan inspirasi bagi CIMB Niaga untuk terus memberikan layanan dan kontribusi dalam mendukung para pemimpin dan pengusaha wanita sesuai dengan spirit kesetaraan RA Kartini.

“Kami persembahkan penghargaan ini untuk para pemimpin dan pengusaha wanita yang telah berkontribusi dalam mendukung perekonomian nasional, khususnya melalui UKM,” ujarnya di Jakarta, Senin (18/12/2023).

Tony mengatakan, melalui Giro Kartini, para womenpreneur bisa mengelola simpanan dengan lebih baik untuk kemajuan usahanya, sekaligus mendapatkan nilai tambah yaitu ikut mendukung sustainability.

Sebagai produk yang sejalan dengan sustainability, Giro Kartini membawa tiga dampak positif untuk nasabah dan masyarakat.

Baca juga : Prabowo Dinilai Sebagai Capres Yang Mengerti Keinginan Petani

Pertama, suku bunga jasa giro kompetitif khusus untuk nasabah individu wanita dan nasabah non individu yang dipimpin wanita.

Kedua, mendukung pemberdayaan wanita, karena setiap pembukaan rekening Giro Kartini, CIMB Niaga akan memberikan donasi Rp 25 ribu yang akan digunakan untuk mendukung pelatihan pembuatan tenun tradisional bagi wanita disabilitas di Sulawesi.

Adapun dampak positif ketiga, lanjut Tony, yaitu mendukung Greener Earth, karena pelaporan transaksi dilakukan secara paperless dengan menggunakan e-statement yang dikirim melalui email kepada nasabah sehingga lebih ramah lingkungan.

“Penggunaan e-statement juga membuat proses menjadi lebih cepat dan efisien, nasabah tidak perlu menunggu proses pencetakan dan pengiriman oleh kurir,” jelas Tony.

Baca juga : Gempa M4,9 Getarkan Bayah, Banten, Kedalaman 15 Km

Upaya CIMB Niaga dalam menyediakan produk simpanan yang memberikan nilai tambah kepada nasabah, termasuk melalui Rekening Giro Kartini diharapkan dapat mendukung penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) untuk memperkuat fungsi intermediasi CIMB Niaga dalam menyalurkan pembiayaan UKM. Per 30 September 2023, DPK CIMB Niaga mencapai Rp 235,3 triliun dengan rasio CASA sebesar 66,7 persen.

Adapun penyaluran pembiayaan segmen UKM tumbuh 8,2 persen yoy. Tony berujar, ke depan, pihaknya akan terus menghadirkan berbagai inovasi untuk meningkatkan layanan bagi nasabah.

Tony berharap Giro Kartini dapat menjadi pilihan bagi masyarakat khususnya para pengusaha dan pemimpin wanita untuk mendukung pengembangan bisnisnya.

"Terima kasih kepada seluruh nasabah dan mitra bisnis atas kepercayaan dan loyalitas yang diberikan kepada CIMB Niaga,” pungkas Tony.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.