Dark/Light Mode

MIAP Perluas Sosialisasi Pentingnya Perlindungan Hak Kekayaan Intelektual

Selasa, 19 Desember 2023 20:41 WIB
Pengumuman MIAP Social Media Content Competition 2023 yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (19/12/2023). (Foto: Istimewa)
Pengumuman MIAP Social Media Content Competition 2023 yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (19/12/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP) mendorong anak muda untuk menciptakan karya-karya kreatif orisinil, yang terbukti kompetitif.

Mengingat saat ini, karya-karya yang orisinal dan inovatif dipastikan bisa mendapat perlindungan dari negara baik dalam bentuk hak cipta maupun hak kekayaan intelektual.

Baca juga : BI Apresiasi Gibran Ajak Pedagang Solo Gunakan Pembayaran QRIS

"MIAP dengan segala keterbatasan akan terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya hak kekayaan intelektual. Kalau tahun ini ke kalangan media dan mahasiswa, maka tahun depan akan menyasar stakeholders yang lain,” ucap Direktur Eksekutif MIAP Justisiari P Kusumah dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Kekayaan Intelektual untuk kalangan media yang dirangkai dengan pengumuman MIAP Social Media Content Competition 2023 yang berlangsung di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (19/12/2023).

Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan HAM Sri Lastami mengajak para anak muda untuk mulai percaya dengan produk sendiri.

Baca juga : Mentan Tekankan Pentingnya Hilirisasi Sawit Di Indonesia

"Saya sangat bangga dan tidak menyangka karya-karya anak muda Indonesia sangat kreatif,” kata Sri.

Pemerintah sambungnya, memberikan dukungan kepada para insan-insan kreatif, jika ingin mendaftarkan hak patent, merk, desain dan hak cipta dengan memberi insentif berupa potongan uang pendaftaran dari semula 1,8 juta rupiah menjadi hanya 500 ribu rupiah.

Baca juga : Pengacara Persoalkan Omongan Wakil Ketua KPK

Sementara itu, Ketua Asosiasi Konsultan Hak Kekayaan Intelektual Indonesia (AKHKI), Suyud Margono mengatakan, perlindungan akan hak cipta tidak bisa dikesampingkan agar pelanggannya tidak keliru nanti tentang siapa yang pertama kali menyampaikan karya tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.