Dark/Light Mode

Rekor Baru, Pertamina Borong 34 PROPER Emas Dari KLHK

Rabu, 20 Desember 2023 23:35 WIB
Direktur Utama PT Pertamina Persero, Nicke Widyawati meraih penghargaan Green Leadership Utama. Penghargaan diserahkan oleb Wapres Ma’ruf Amin. (Foto: Biro Sekretariat Wakil Presiden)
Direktur Utama PT Pertamina Persero, Nicke Widyawati meraih penghargaan Green Leadership Utama. Penghargaan diserahkan oleb Wapres Ma’ruf Amin. (Foto: Biro Sekretariat Wakil Presiden)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina (Persero) dengan subholding dan anak usahanya berhasil memboyong 34 penghargaan PROPER Emas pada Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). 

KLHK juga memberikan penghargaan 76 PROPER Hijau untuk berbagai unit operasi Pertamina. Capaian PROPER Emas Pertamina Grup di tahun ini meningkat tajam dibanding tahun lalu yang sebanyak 20 PROPER Emas.

Secara nasional, Pertamina berhasil menyabet 43 persen PROPER Emas dari total 79 PROPER Emas di tahun 2023. Pemberian PROPER ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (20/12/2023).

Tak hanya itu, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati juga berhasil mendapatkan penghargaan Green Leadership Utama sebagai pimpinan tertinggi perusahaan yang memperoleh peringkat emas. Pertamina juga memborong 3 penghargaan Green Leadership Madya yang diraih para pimpinan subholding dan anak perusahaan. 

Penghargaan Green Leadership Utama dan Madya diberikan kepada pimpinan Pertamina yang dinilai mampu memberikan solusi atas lima isu prioritas menyelamatkan bumi dan kemanusiaan yaitu mengakhiri kemiskinan, mengurangi ketimpangan, pemberdayaan perempuan, sistem pangan yang sehat & berkelanjutan, dan transisi energi. 

Hal ini sejalan dengan keberhasilan Pertamina dalam mengelola energi terbarukan, pengelolaan air secara bertanggung jawab, sumber daya alam, membangun fisik infrastruktur untuk menjaga kesehatan ekosistem dan komunitasnya, serta mampu memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang kesehatan, memperlakukan secara adil dan tidak diskriminasi.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, PROPER menjadi platform bagi perusahaan untuk ambil bagian dalam Pembangunan Berkelanjutan. Perusahaan mencegah kerusakan lingkungan dan pencemaran akibat aktivitas industri. PROPER juga menjadi kompas untuk memandu praktik bisnis berkelanjutan. Perusahaan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau dan dorong capaian melebihi ketaatan terhadap peraturan. 

Menurut Ma’ruf, PROPER juga mengembangkan kriteria penilaian. Kriteria penilaian daur hidup, inovasi sosial, penilaian kepemimpinan hijau. PROPER juga membutuhkan transformasi penilaian ke depan, mendukung komitmen pemerintah terhadap penguatan aksi iklim dan pencapaian prioritas pembangunan nasional, menjawab dinamika tantangan global. 

“PROPER sepatutnya menjadi kompas yang mampu memandu praktik bisnis berkelanjutan dengan mengaplikasikan prinsip ekonomi hijau, bahkan mendorong capaian yang melebihi ketaatan industri terhadap peraturan lingkungan hidup. Selamat kepada penerima anugerah PROPER terutama peringkat emas dan CEO penerima penghargaan kepemimpinan hijau. Semoga menjadi contoh nyata yang menginspirasi dan mendorong kinerja Perusahaan lainnya,” ujar Ma’ruf. 

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengungkap rasa syukur dan bangganya terhadap Perwira Pertamina di seluruh Indonesia atas pencapaian PROPER yang diselenggarakan oleh KLHK. Meski demikian, Nicke mengatakan, agar tidak boleh berpuas diri, karena masih banyak tantangan ke depan agar Pertamina bisa lebih baik lagi.

“Syukur Alhamdulillah saya bangga sekali dan ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh perwira karena tahun ini pencapaiannya luar biasa. Kalau tahun lalu PROPER Emasnya hanya 20 sekarang jadi 34. Semua subholding ini pencapaiannya luar biasa. Selain itu juga kita mendapat 76 PROPER Hijau dan saya sendiri mendapatkan Green Leadership Utama, yang lebih membanggakan lagi Green Leadership Madya 3 dan tiga-tiganya kita borong. Tapi jangan berpuas diri masih banyak yang harus kita kerjakan, tahun depan harus lebih baik lagi dan pasti bisa,” kata Nicke. 

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso mengatakan, keberhasilan Pertamina memborong 34 PROPER Emas merupakan wujud nyata komitmen Pertamina dalam menjalankan usaha yang berbasis pada kepedulian lingkungan. 

"Sebagai pemimpin transisi energi di Indonesia, Pertamina akan terus menjalankan bisnis yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Penghargaan ini diharapkan akan meningkatkan investor global terhadap praktik bisnis Pertamina yang telah konsisten menerapkan aspek ESG di seluruh operasionalnya,” ujar Fadjar. 

Baca juga : Jamin Ketersediaan Energi, Pertamina Bentuk Satgas Nataru

Raihan PROPER Emas tahun 2023, imbuh Fadjar, tersebar di 5 Subholding yakni Upstream (12 PROPER Emas), Power & New Renewable Energy (3 PROPER Emas), Refining & Petrochemical Subholding (4 PROPER Emas), Commercial & Trading Subholding (12 PROPER Emas) dan Gas (3 PROPER Emas). 

“Pertamina terus komitmen mendukung target pemerintah mencapai NZE di tahun 2060 dengan mengurangi emisi dan melakukan berbagai inovasi dekarbonisasi di berbagai sektor sehingga seluruh proses bisnisnya dijalankan dengan ramah lingkungan,” imbuh Fadjar. 

Berikut Daftar Pertamina Group Penerima PROPER Emas 2023

 1.    Pertamina EP Field Rantau 

2.    Pertamina Hulu Energi - Jambi Merang 

3.    Pertamina EP Asset 5 - Field Sangasanga 

4.    Pertamina Hulu Kalimantan Timur Daerah Operasi Bagian Selatan (DOBS) 

5.    Pertamina Hulu Kalimantan Timur (DOBU) 

6.    Badak NGL

7.    Pertamina Hulu Energi - West Madura Offshore (PHE WMO) 

8.    Pertamina EP Asset 4 - Field Sukowati 

9.    Pertamina EP Asset 4 - Field Donggi Matindok 

10.    JOB Pertamina - Medco E&P Tomori Sulawesi 

Baca juga : Dato Sri Tahir Minta Pemerintah Dorong Potensi Ekonomi Hijau Dan Biru

11.    Pertamina EP Asset 2 - Field Limau 

12.    Pertamina EP Asset 2 - Field Pendopo

13.    Refinery Unit II Sungai Pakning 

14.    Refinery Unit III Plaju

15.    Refinery Unit VII Kasim 

16.    Polytama Propindo

17.    Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang 

18.    Pertamina Geothermal Energy Area Ulubelu 

19.    Pertamina Geothermal Energy Area Lahendong

20.    Perusahaan Gas Negara - Stasiun Kompresor Gas Pagardewa 

21.    Pertamina Gas West Java Area 

22.    Pertamina Gas Kalimantan Area - SKG Bontang

23.    DPPU Minangkabau 

Baca juga : 66 Tahun Pertamina Membangun Ketahanan Energi Dan Ekonomi RI

24.    Integrated Terminal Cilacap 

25.    DPPU Adi Sumarmo 

26.    DPPU Ahmad Yani 

27.    Fuel Terminal Rewulu 

28.    Fuel Terminal Boyolali

29.    Fuel Terminal Maos 

30.    Integrated Terminal Balikpapan 

31.    DPPU Sepinggan 

32.    DPPU Supadio 

33.    Integrated Terminal Makassar 

34.    Fuel Terminal Pare-Pare

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.