Dark/Light Mode

Dato Sri Tahir Minta Pemerintah Dorong Potensi Ekonomi Hijau Dan Biru

Rabu, 13 Desember 2023 18:30 WIB
Founder  CEO Mayapada Group, Dato Sri Tahir (Foto: dok. Pribadi)
Founder CEO Mayapada Group, Dato Sri Tahir (Foto: dok. Pribadi)

RM.id  Rakyat Merdeka - Founder & CEO Mayapada Group, Dato Sri Tahir mendorong pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada sektor pertanian (ekonomi hijau) dan sektor perikanan (ekonomi biru) menjadi sebuah bisnis yang nyata.

Dalam pengamatannya, kedua jenis industri itu tidak hanya menjadi sebuah lapangan yang menarik untuk digarap oleh pengusaha lokal. Tetapi juga dapat menjelma jadi penopang baru perkembangan ekonomi Indonesia.

"Industri ini (pertanian dan perikanan) seharusnya didorong oleh pemerintah. Pengusaha harus diberikan jalan untuk masuk ke dalamnya. Its very good actually (sesungguhnya, ini adalah hal yang sangat bagus, Red),” tegasnya dalam gelaran A Day with Dato Sri Tahir: Mimpi Sang Filantrofis Indonesia, Selasa (12/12).

Baca juga : Menko Airlangga Tegaskan Pemerintah Siapkan Strategi Jaga Prospek Pertumbuhan Ekonomi Dan Mitigasi Tantangan

Kata Dato Sri Tahir, saat ini, banyak komoditas pangan yang masih mengandalkan impor untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

Menurutnya, hal tersebut dipengaruhi oleh banyak faktor. Mulai dari ekosistem bisnis yang kurang menunjang, hingga tak efektifnya jalan produksi atau strategi bisnis yang dijalankan.

"Semua hal butuh proses, termasuk dalam membangun bisnis dalam sektor pertanian dan pertanian," tutur Dato Sri Tahir.

Baca juga : Ekonomi Syariah Harus Menjadi Pilar Penting Ekonomi Indonesia Menuju 2045

Dia bilang, semua pihak mestinya berpikir untuk mencari jalan. Agar kedua sektor ini tak hanya sekadar dinikmati nilai konsumsinya oleh masyarakat Indonesia, tetapi juga nilai produktifnya.

“Pengusaha kita ini maunya cepat. Hari ini gue masuk, hari ini gue kaya. Diperparah lagi, oleh sikap latah. Semua dikejar,” beber Dato Sri Tahir.

Pria kelahiran Surabaya, 26 Maret 1952 ini pun menuturkan harapannya, terkait pengembangan kedua sektor ekonomi hijau dan biru.

Baca juga : KPPOD: Empat Strategi Tingkatkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Hal itu, menurutnya, perlu diperhatikan secara khusus, mengingat besarnya potensi ekonomi dan ketahanan pangan dalam negeri pada kedua sektor tersebut.

"Mudah-mudahan nanti, pemerintah yang baru, bisa mencari menteri yang dapat memaksimalkan potensi yang telah diberikan Tuhan untuk Indonesia. Bisa menghadirkan grand plan atau five years plan untuk Indonesia,” harap Dato Sri Tahir.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.