Dark/Light Mode

Hadapi Lonjakan Puncak Liburan, KAI Logistik Tambah 25 Persen Kapasitas Angkut

Sabtu, 23 Desember 2023 12:24 WIB
Jelang masa puncak libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KAI Logistik memperkuat ekosistem logistik yang dimiliki.
Jelang masa puncak libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, KAI Logistik memperkuat ekosistem logistik yang dimiliki.

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang masa puncak libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik), salah satu anak usaha KAI memperkuat ekosistem logistik yang dimiliki.

Berbagai persiapan terus diupayakan, khususnya pada aspek operasional.

Direktur Utama KAI Logistik TLN Ahmad Malik Syah mengatakan, sejak awal Desember, tren pengiriman barang khususnya paket dan barang lainnya yang dilayani melalui KALOG Express terus memperlihatkan peningkatan dan akan diprediksi memasuki masa puncak pada libur Nataru 2023/2024.

“Mengantisipasi hal tersebut, KAI Logistik telah memetakan berbagai strategi dan persiapan untuk memastikan pelayanan prima sehingga mampu mengakomodir lonjakan pengiriman pada masa puncak tersebut,” ungkapnya di Jakarta, Sabtu (23/12/2023).

Ia mengungkapkan, selama masa liburan ini, KAI Logistik menambah kapasitas angkut sebesar 25 persen khususnya pada beberapa kereta yang berpotensi mengalami kenaikan permintaan pengiriman.

Baca juga : Daru Habib Luthfi Dukung Prabowo-Gibran, TKN: Jadi Tambahan Energi Pemenangan

“Dengan demikian kapasitas angkut harian berbasis KA menjadi 10 ton per hari, kapasitas ini tidak termasuk dengan moda lain yang juga digunakan dalam perluasan jalur distribusi,” jelasnya.

Selain itu, KAI Logistik juga telah melakukan penguatan konektivitas jaringan layanan sebagai upaya langkah strategis operasional distribusi.

Bila sebelumnya KAI Logistik hanya berfokus kepada layanan berbasis angkutan menggunakan moda KA.

Namun saat ini, berbagai armada baik trucking maupun armada lainnya telah KAI Logistik gunakan, untuk dapat mempercepat dan memperluas layanan pengiriman barang kepada pelanggan seiring perubahan izin usaha KAI Logistik menjadi Badan Usaha Angkutan Multimoda yang telah dikantongi sejak 2021.

“Dengan optimasi armada penunjang untuk mempercepat dan menjangkau jaringan yang lebih luas, maka diharapkan pelayanan pengiriman dapat lebih optimal diantaranya waktu pengiriman barang,” kata Malik.

Baca juga : Awasi Titik Rawan Kecelakaan

Termasuk layanan pengiriman hingga alamat tujuan di seluruh wilayah jaringan KALOG Express, yang tersebar di 175 titik layanan.

Ia mengungkapkan, langkah strategis ini tentunya dilakukan sejalan dengan tagline ‘KAI Logistik ispossible’ yaitu dengan KAI Logistik semuanya menjadi mungkin.

Dalam hal ini adalah memastikan kemudahan dan kenyamanan pelanggan dalam memenuhi kebutuhan logistik di masa puncak liburan.

Malik menuturkan, selama masa liburan, KALOG Express akan libur beroperasi pada 24, 25, 26 dan 31 Desember 2023 serta 1 Januari 2024.

“Guna menghindari adanya penumpukan pengiriman, kami menghimbau kepada pelanggan agar dapat mengelola pengirimannya dalam waktu yang cukup,” ujarnya.

Baca juga : Diversifikasi Bisnis, KAI Logistik Inovasi Gunakan Angkutan Limbah B3

Untuk memudahkan akses layanan, pelanggan dapat melakukan cek tarif termasuk pelacakan secara real time melalui website kalogistics.co.id serta aplikasi Access by KAI” tutup Malik.

Masa puncak liburan Nataru Tahun 2023/2024 diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 15-20 persen, dan menyumbang 60.000 ton terhadap kinerja operasional tahun 2023.

Kinerja volume tahun ini juga meningkat 30 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.