Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Usia 7 Tahun, PIS Catatkan 7 Prestasi Membanggakan

Minggu, 24 Desember 2023 10:21 WIB
Armada tanker PIS. (Foto: Dok. PIS)
Armada tanker PIS. (Foto: Dok. PIS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tepat di usia 7 tahun, PT Pertamina International Shipping (PIS), Sub Holding Integrated Marine Logistics dari PT Pertamina (Persero), mencatat sejumlah prestasi membanggakan, yang sukses mengharumkan Merah Putih di kancah dunia.

“Tujuh tahun berlayar, PIS terus mencatat prestasi membanggakan mulai dari menyokong ketahanan energi nasional, hingga mengharumkan industri maritim Indonesia di kancah global. Di tahun 2023 ini, PIS mengusung transformasi dan sukses menaikkan revenue dan mencetak laba signifikan, ekspansi market global kian masif untuk menambah porsi non-captive, serta rute internasional yang kini berlipat ganda,” ujar CEO PIS Yoki Firnandi, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (24/12).

Terdapat tujuh prestasi signifikan yang menjadi tolok ukur keberhasilan kinerja PIS selama ini.

1. Pengelolaan armada dengan jumlah tanker terbesar di Asia Tenggara

PIS saat ini mengoperasikan sebanyak 329 armada tanker, dengan 95 tanker merupakan kapal milik dan sebanyak 59 tanker telah memenuhi kualifikasi internasional untuk berlayar di mancanegara. Dengan ratusan armada tanker ini, PIS menjadi perusahaan perkapalan dengan pengelolaan armada tanker terbesar di Asia Tenggara.

Beberapa tanker raksasa yang dimiliki PIS bahkan masuk dalam jajaran kapal tanker raksasa dunia, yakni VLCC Pertamina Pride, VLCC Pertamina Prime, VLCC Pioneer, dan yang terbaru adalah kapal LPG dual tanker ramah lingkungan pertama di Indonesia yaitu VLGC Pertamina Gas Amaryllis.

“PIS masih akan menambah armadanya secara signifikan di tahun mendatang, untuk mewujudkan visi menjadi yang terdepan di Asia,” jelas Yoki.

2. Urat nadi virtual distribusi energi Indonesia

Penambahan armada tanker PIS tidak hanya untuk mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan di market global, tetapi juga untuk menyokong ketahanan energi nasional. Indonesia yang dikelilingi oleh lautan memiliki tantangan tersendiri dalam mendistribusikan energi yang merata hingga ke pelosok Tanah Air.

Baca juga : STY Andalkan 7 Pemain Naturalisasi Dan 4 Pemain Abroad

Ratusan kapal PIS dalam setahun terhitung bisa mendistribusikan energi berupa minyak mentah dan BBM sebanyak 1,5 miliar hingga 1,6 miliar liter. Memastikan energi bisa dinikmati seluruh masyarakat yang berada di Indonesia.

3. Berlayar di 50 rute internasional

PIS terus mendorong peningkatan kualitas armada tanker untuk memenuhi standar global. Sejumlah kapal PIS sukses mendapatkan sertifikasi internasional mulai dari Paris MoU, SIRE, USCG, dan lainnya.

“Kapal-kapal PIS sukses mengibarkan bendera merah putih di pelabuhan-pelabuhan mancanegara, seperti Amerika dan Eropa. Ini membuktikan pelaut-pelaut PIS memiliki kualitas yang tak perlu diragukan untuk bersaing di internasional,” ucapnya.

Jalur pelayaran internasional yang ditempuh oleh kapal-kapal PIS yang bermula dari 11 rute di tahun 2021, bertumbuh pesat dan menjadi 50 rute internasional per November 2023.

4. Unlock Value dan kerja sama global sukses menambah non captive market

PIS sukses menjalankan amanat Kementerian BUMN terkait Unlock Value untuk investment dan strategic alliance bersama mitra global yakni Nippon Yusen Kabushiki Kaisha (NYK), yang merupakan perusahaan perkapalan raksasa dunia. Kemitraan strategis ini merupakan yang pertama kali di Pertamina Group, dan diyakini bisa membuka pintu kesempatan bisnis baru.

Di tahun yang sama, pada 2022 PIS juga melebarkan sayap di pasar timur tengah dengan pembukaan kantor cabang PIS Middle East (PIS ME). PIS ME merupakan bagian dari anak usaha PIS yakni PIS Asia Pacific (PIS AP) yang berlokasi di Singapura dan menjadi motor pertumbuhan internasional. Kehadiran PIS AP dan PIS Middle East terbukti bisa mendorong pertumbuhan non captive market perusahaan hingga 22 persen.

5. Kinerja keuangan dan operasional yang bertumbuh positif

Transformasi yang menjadi tema besar PIS di tahun ini membuahkan hasil manis. “PIS optimistis kinerja di tahun ini bisa melampaui target dan membukukan hasil positif,” tambah Yoki.

Baca juga : Di Depan Warga Kuningan, Prabowo Akan Terus Berjuang Atasi Kesulitan Rakyat

Ini, kata dia, bisa dilihat dari capaian di tengah semester, dengan perusahaan sukses mencetak laba sebesar 138,5 juta dolar AS atau naik 93 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Perolehan laba semester I ini mencapai sebesar 63,7 persen dari target target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) 2023.

“Hingga Oktober 2023 kami berhasil mencetak revenue hingga 2,625 miliar dolar AS atau naik 19 persen dibanding periode tahun lalu. Sementara laba mencapai 225,11 juta dolar AS, bertumbuh signifikan 71 dolar AS,” kata Yoki.

PIS juga telah berhasil mendorong transformasi digital yang mengintegrasikan seluruh proses bisnis, mulai dari commercial, operation, finance, dan performance.

Keunggulan PIS dalam menjalankan bisnis yang sehat ini juga diakui oleh lembaga pemeringkat internasionals Moody’s, yang memberikan peringkat layak investasi untuk PIS dengan outlook stabil.

6. Pengurangan emisi 200 persen dari target 

Mendukung transisi energi dan menjalankan prinsip bisnis berkelanjutan tertanam kuat di perusahaan di tengah ekspansi bisnis yang super masif.

PIS menyusun roadmap business hijau, yang terbagi dalam tiga tahapan, dan sudah dimulai sejak tahun 2022. Strategi tersebut di antaranya meliputi desain kapal ramah lingkungan, peremajaan kapal, instalasi scrubber, pemasangan PLTS, pemanfaatan B35 sebagai bahan bakar, dan lainnya.

Upaya dekarbonisasi PIS terbukti bisa mengurangi emisi hingga 23,855 ton setara CO2. Angka ini bahkan 200 persen melewati target PIS yang berada di angka 11.659 ton setara CO2.

7. BerSEAnergi untuk Laut

Baca juga : Refleksi Akhir Tahun, BPIP Genjot Banyak Program

Perusahaan menyadari bahwa bisnis yang dijalankan harus bisa mewujudkan masa depan yang lebih untuk generasi mendatang. Oleh sebab itu, PIS meluncurkan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang bertajuk “BerSEAnergi Untuk Laut”.

Sebagai perusahaan yang menjalankan bisnis mayoritas di lautan, di bawah payung “BerSEAnergi untuk Laut”, PIS menjalankan sejumlah program yang bertujuan untuk memulihkan dan menjaga ekosistem laut Indonesia serta menyejahterakan masyarakat pesisir. Di antaranya dengan program geo-tagging untuk hewan hiu paus yang habitatnya terus terancam, agar mereka bisa aman bermigrasi dan tidak terganggu lalu lintas perkapalan di Indonesia.

Terdapat juga program “literaSEA”, dengan PIS menghadirkan fasilitas pendidikan di sejumlah sekolah dasar di Indonesia untuk menambah wawasan tentang dunia kelautan Indonesia. Serta, penanaman ribuan pohon mangrove di Jawa, Bali, Sumatra, dan Sulawesi.

PIS juga berkolaborasi dengan Yayasan Dokter Peduli atau doctorSHARE dalam operasional Rumah Sakit Apung yang melayani ribuan masyarakat di Papua Barat.

Masih banyak lautan prestasi PIS lainnya dan sejumlah target capaian yang dikejar oleh PIS di usia barunya. “Kami tidak bisa berpuas pada zona nyaman dalam captive market yang sudah ada. Melainkan, harus mengoptimalkan posisi PIS sekarang menjadi leverage untuk menggarap peluang pasar yang lebih besar lagi,” kata Yoki.

Ia menjelaskan untuk menjadi Asia’s leading shipping company, perusahaan akan meningkatkan jumlah kapal hingga 130 unit di tahun 2025, dan untuk mencapainya perlu melakukan terobosan baik melalui cara-cara yang organik maupun anorganik.

"PIS harus terus tingkatkan strength, speed, and endurance untuk mampu mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing di pasar global,” tutup Yoki.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.