Dark/Light Mode

Aktif Ikut Pameran Internasional

Menperin Kenalkan Industri Nasional Ke Pasar Dunia

Jumat, 29 Desember 2023 07:10 WIB
Menteri Perindustrian (Men­perin) Agus Gumiwang Kar­tasasmita. (Foto: Dok. Kemenperin)
Menteri Perindustrian (Men­perin) Agus Gumiwang Kar­tasasmita. (Foto: Dok. Kemenperin)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk aktif berpartisipasi dalam serangkaian pameran internasional yang diadakan di berbagai negara tahun depan.

Keikutsertaan di berbagai pameran internasional ini men­jadi salah satu upaya Pemerintah memperkenalkan potensi industri nasional kepada pasar global.

“Menyadari pentingnya be­radaptasi dengan perubahan teknologi dan tren global, Ke­menperin menekankan penting­nya partisipasi dalam pameran industri internasional sebagai wujud dukungan dan fasilitasi untuk mendorong akses industri nasional ke pasar global,” kata Menteri Perindustrian (Men­perin) Agus Gumiwang Kar­tasasmita di Jakarta, dikutip Kamis (28/12/2023).

Dijelaskan Agus, hal itu sebagai bentuk apresiasi kepada industri nasional yang terus berinovasi dan memiliki motivasi untuk tumbuh dan berdaya saing.

Baca juga : Akademisi Dukung Usulan Gibran Soal Badan Penerimaan Negara, Ini Alasannya

Menurut politisi Partai Golkar itu, ada berbagai pameran ber­gengsi internasional yang ren­cananya akan diikuti oleh Kemen­perin. Antara lain Hannover Messe 2024 di Jerman, SIAL Paris 2024 di Prancis, Ambiente di Frankfurt, Jerman dan Food Ingredients Europe 2024 di Prancis.

Selain itu, juga terdapat pa­meran internasional lainnya. Pameran-pameran tersebut mencakup beragam subsektor industri, antara lain teknologi, makanan dan minuman, serta kerajinan dan home decor.

“Berbagai ajang pameran tersebut diharapkan dapat men­jadi platform yang efektif untuk memperluas cakrawala ekspor, menampilkan keunggulan dan meningkatkan daya saing indus­tri Indonesia,” jelas Agus.

Dia mengatakan, bagi pelaku industri nasional yang berparti­sipasi dan berhasil meraih hasil yang optimal dalam pameran internasional yang difasilitasi Kemenperin, akan memperoleh penghargaan.

Baca juga : Simak Penjelasan BMKG, Soal Gempa Beruntun Malam Ini Di Kabupaten Sukabumi

“Salah satunya berupa apre­siasi Resilience and Sustainable Industry 2023,” ujar Agus.

Penghargaan tersebut mencak­up beberapa kategori, termasuk Co-Exhibitor Terbaik pada pa­viliun Indonesia di Hannover Messe 2023 yang diterima oleh Badan Pengelola Dana Perkebu­nan Kelapa Sawit (BPDPKS).

Selain itu, terdapat kategori Investasi Terbaik, yang diraih oleh Kawasan Industri Wiraraja pada keikutsertaannya dalam Hannover Messe 2023.

Agus menjelaskan, selain menjadi ajang untuk mempro­mosikan pencapaian industri, pameran internasional juga men­jadi kesempatan strategis untuk menjalin kerja sama bisnis dan menarik investasi.

Baca juga : Universitas Trisakti Gelar PkM Internasional di Jepang tentang Penataan Masjid

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Jumat 29/12/2023 dengan judul Aktif Ikut Pameran Internasional, Menperin Kenalkan Industri Nasional Ke Pasar Dunia

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.