Dark/Light Mode

Universitas Trisakti Gelar PkM Internasional di Jepang tentang Penataan Masjid

Rabu, 27 Desember 2023 12:44 WIB
Kegiatan PkM Internasional Universitas Trisakti di Jepang. (Foto: Istimewa)
Kegiatan PkM Internasional Universitas Trisakti di Jepang. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Trisakti melakukan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional yang melibatkan empat dosen dan 3 mahasiswa, di Jepang, pada 15 Oktober 2023. Keempat dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Mohammad Ischak, Mustamina Maulani, Ida Busnetty, dan Emelia Sari.

Kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan judul "Assistance to Outdoor Spatial Ordering at the Kitakyushu Community Mosque". Pemaparan materi berfokus kepada pengertian Masjid, Klasifikasi Masjid, Komunitas Masjid, Tata Ruang Latar Masjid, dan Preseden Penataan Ruang Luar Masjid.

Baca juga : Sayang, Pengawasan Daerah Masih Minim

Ketua Tim PkM Mohammad Ischak mengatakan, tujuan dari pelaksanaan PkM Mandiri Internasional ini adalah sebagai bagian dari upaya Universitas Trisakti menuju World Class University. Pelaksanaan PkM terdiri dari beberapa tahapan, yaitu persiapan, pelaksanaan, pembuatan laporan, dan penyusunan luaran.

Mitra PkM dalam kegiatan ini adalah Komunitas Muslim Kota Kitakyusu dengan Ketua Komunitas sekaligus sebagai Ketua Pengurus Masjid Kitakyushu, Muhammad Subkhan, dan jemaah Kitakyushu Islamic Cultural Centre (KCIC). Jemaah KCIC yang hadir saat pelaksanaan PkM berasal dari warga Indonesia, Malaysia, Singapura, Banglades, dan mualaf warga Jepang.

Baca juga : Hima Persis Gelas Muspimnas II di Kepri, Usung Tema Penguatan Ekonomi

Hasil diskusi dari kegiatan PKM ini menyimpulkan bahwa perlunya halaman masjid komunitas Muslim Kitakyushu Jepang didesain untuk persiapan menampung jemaah salat pada event tertentu seperti Salat Jumat, Hari Raya, dan Taraweh. Sehingga mesjid bisa menampung jamaah yang banyak pada event tertentu. Sekaligus masjid dapat dijadikan untuk pelaksanaan kegiatan sosial dan silaturrahmi antarkomunitas.

Pelaksanaan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi mitra dan juga civitas akademika Universitas Trisakti. PkM ini diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. Luaran dari kegiatan PKM Mandiri Internasional ke Jepang ini berupa materi presentasi dalam bentuk Power Point, artikel ilmiah, video kegiatan, dan Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Baca juga : Penguatan Karakter Generasi Muda Melalui Pendidikan Pancasila

Keberhasilan program pengabdian ini didukung oleh Pendanaan Pengabdian kepada Masyarakat dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Trisakti, Anggaran 2023.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.