Dark/Light Mode

Komit Wujudkan Green Energy Terminal, PET Kantongi Sertifikat Energi Terbarukan

Jumat, 29 Desember 2023 23:05 WIB
Serah terima Sertifikat Energi Terbarukan dari PLN ke PT Pertamina Energy Terminal. (Foto: Istimewa)
Serah terima Sertifikat Energi Terbarukan dari PLN ke PT Pertamina Energy Terminal. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Energy Terminal, anak usaha dari Sub Holding Integrated Marine Logistics PT Pertamina International Shipping, berhasil mengantongi Sertifikat Energi Terbarukan (Renewable Energy Certificate atau REC) dari PT PLN (Persero) UP3 Tanjungpinang.

Sertifikasi ini diberikan kepada Pertamina Energy Terminal-Integrated Terminal Tanjung Uban, Sabtu (23/12). Sertifikat REC diserahkan Manager PLN UP3 Tanjung Pinang Apreza Pashya kepada VP Terminal Operation PET Heri Santika Permana. Penyerahan disaksikan General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Riau Kepri Agung Murdifi dan Integrated Terminal Manager Tanjung Uban Yohannes Mulatua Sianturi.

Baca juga : ESDM dan Pertamina Patra Niaga Tinjau Langsung Layanan Energi saat Nataru

“Semoga langkah kerja sama ini dapat mendorong dan mempermudah penetrasi PET di kancah internasional dan mendukung program Dekarbonisasi Perusahaan menjadi Green Terminal,” ujar Heri Santika, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (29/12).

Selain Integrated Terminal Tanjung Uban, dua terminal yang dikelola PET juga telah memperoleh REC yang telah divalidasi badan Internasional (APX), yaitu Fuel Terminal Baubau dan Fuel Terminal Kotabaru. Hal ini sebagai pengakuan operasional terminal-terminal yang dikelola PET yang beroperasi dengan mengoptimalkan pemanfaatan Energi Hijau PLN Zero Emission dari PLTA atau PLTU milik PLN. 

Baca juga : Ziarah ke Makam Bung Karno, Prabowo Seperti Dapat Energi Baru

“PLN sebagai BUMN yang bergerak di bidang ketenagalistrikan berkomitmen mendukung Pertamina Integrated Terminal Tanjung Uban dan siap memberikan solusi atas kebutuhan listrik yang ramah lingkungan” ujar Agung Murdifi

Langkah ini sekaligus menjadi aksi nyata PET mewujudkan komitmen menjadi world class green terminal. PET merupakan anak usaha PT Pertamina International Shipping (PIS) yang mengelola 6 terminal strategis.

Baca juga : Wujudkan Centre of Excellence Digital, Pupuk Kaltim Operasikan House of Future

Sebelumnya, sudah banyak langkah konkret dilakukan Pertamina Energy Terminal yang turut mendukung aspirasi World Class Green Terminal. Seperti penggunaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya untuk kegiatan operasional, hingga bekerja sama dengan PLN untuk menyediakan listrik yang lebih ramah lingkungan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.