Dark/Light Mode

Wujudkan Centre of Excellence Digital, Pupuk Kaltim Operasikan House of Future

Jumat, 15 Desember 2023 13:34 WIB
Pupuk Kaltim mulai pengoperasian House of Future (HoF) sebagai sarana bagi karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi. (Foto: Dok.Pupuk Kaltim)
Pupuk Kaltim mulai pengoperasian House of Future (HoF) sebagai sarana bagi karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi. (Foto: Dok.Pupuk Kaltim)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pacu produktivitas melalui penerapan teknologi industry 4.0 di lingkungan Perusahaan, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) mulai pengoperasian House of Future (HoF), sebagai sarana bagi karyawan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi. Sehingga, bisa mendukung kinerja melalui adopsi teknologi digital.

Ketua Tim Pengembangan House of Future Ardi Harto Mulyo mengatakan, fasilitas ini dioperasikan pada Kamis (7/12/2023) lalu, untuk peningkatan kompetensi karyawan, khususnya operator yang berkaitan langsung dengan aktivitas produksi.

Menurutnya, House of Future menggunakan teknologi Virtual Reality (VR) dan Operator Training Simulator (OTS), yang bisa dimanfaatkan karyawan untuk mensimulasikan seluruh tahapan proses produksi, termasuk problem operasional dan langkah penanganannya.

Baca juga : Teken Kerja Sama, SBU JPP Pupuk Kaltim Sediakan Komponen Kereta Api Untuk INKA

Ardi optimistis, dari fasilitas ini kompetensi karyawan akan semakin terasah, serta memahami secara fasih pengoperasian peralatan sesuai standar.

"House of Future sebagai upaya kami, menjamin ketercapaian standar kompetensi karyawan, khususnya di bidang operasi. Namun, implementasinya sangat luas dan ke depannya akan bermanfaat bagi seluruh karyawan dengan beragam job profile," ujarnya, melalui siaran pers, Jumat (15/12/2023).

 Ardi menjelaskan, House of Future akan menjadi pusat pelatihan digital dan tempat belajar bagi karyawan, dengan fasilitas kompetensi pabrik ammonia dan urea tercanggih di Bontang, bahkan Pupuk Indonesia Grup.

Baca juga : Pamerkan Serenity Central City, Central Group Kembali Ramaikan BCA Expo 2023

Terlebih di era industri masa kini, berbagai tantangan pun menuntut karyawan untuk lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi yang semakin berkembang.

Pada fasilitas OTS berbasis Virtual Reality, kata dia, peserta dapat memahami standar operasional pabrik melalui sudut pandang panel operator di control room, maupun field operator di lapangan.

Simulasi virtual dibuat persis menyerupai pabrik ammonia dan urea sebenarnya. Oleh karena itu, karyawan yang dilatih melalui fasilitas ini dapat merasakan pengalaman seolah turun langsung di lapangan.

Baca juga : Dukung TIFF 2023, Pupuk Kaltim Usung Tema Transformasi Industri

Tak hanya itu, teknologi OTS mensimulasikan proses pabrik ammonia dan urea secara dinamis, baik pada kondisi steady state maupun cold state berdasarkan filosofi fungsi unit proses dan desain operasi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.