Dark/Light Mode

Ziarah ke Makam Bung Karno, Prabowo Seperti Dapat Energi Baru

Senin, 18 Desember 2023 08:29 WIB
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, saat ziarah ke makam Bung Karno, di Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/12/2023). (Foto: Istimewa)
Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, saat ziarah ke makam Bung Karno, di Blitar, Jawa Timur, Minggu (17/12/2023). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, mengisi hari kampanye yang ke-20 untuk kampanye di Blitar, Jawa Timur. Di daerah yang dikenal sebagai markas Banteng ini, Prabowo berziarah ke makam proklamator RI, Ir. Soekarno atau Bung Karno dan konsolidasi dengan relawan pendukungnya.

Prabowo tiba di Blitar pukul 11:25 WIB. Ketua Umum Partai Gerindra ini datang dengan setelan khasnya, pakaian safari warna cokelat dan peci hitam yang melingkar di kepala.

Capres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini datang didampingi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, dan Wakil Wali Kota Blitar Tjuktjuk Sunario. Turut hadir putra mendiang Rachmawati Soekarnoputri, Mohammad Mahardhika Suprapto atau yang kerap disapa Didi.

Warga yang ada di lokasi untuk berziarah langsung menyambut rombongan Prabowo dengan meriah. Teriakan "Prabowo Presiden" menggema saat Menteri Pertahanan itu turun dari mobil. Warga yang hadir di kompleks pemakaman berebut untuk bersalaman ataupun berfoto dengan Prabowo.

Setelah melayani permintaan tersebut, Prabowo langsung masuk ke bagian dalam kompleks pusara Bung Karno. Sesampainya di depan makam Presiden pertama Indonesia, Prabowo dan rombongan langsung memanjatkan doa dengan khidmat.

Setelah berdoa selama sekitar 15 menit, Prabowo membungkuk dan menabur bunga ke makam Soekarno dan kedua orang tuanya, R. Soekarni Sosrodihardjo dan Ny. Ida Aju Njoman Rai.

Baca juga : Ziarah ke Makam Bung Karno, Prabowo: Beliau Mempersatukan Kita

Usai berziarah, antusiasme masyarakat semakin meningkat ketika Prabowo keluar area makam dan menuju ke mobil. Mereka tidak ingin melewatkan kesempatan untuk mengabadikan momen langka tersebut. Massa pun berdesakan dan berebut untuk bersalaman. "Sini Pak, foto dulu Pak!" ujar warga yang antusias. "Prabowo Presiden! Prabowo Presiden!" sorak warga.

Prabowo lantas menyapa para warga dengan menengadahkan kedua tangannya seraya tersenyum. Ia pun sempat memberi tanggapan singkat kepada wartawan atas pandangannya terhadap sosok Soekarno.

"Beliau Proklamator, beliau pejuang, pahlawan. Jadi, kita hormati pahlawan-pahlawan kita," ujar Prabowo usai melakukan ziarah.

Menurut Prabowo, Soekarno merupakan sosok yang patut dihormati atas jasa besarnya menyatukan Bangsa Indonesia. "Beliau adalah salah satu tokoh besar yang mengangkat bangsa kita merdeka. Beliau mempersatukan Nusantara. Jadi, saya kira patut kita hormati,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Prabowo juga berbicara soal ideologi Marhaenisme yang dikembangkan Bung Karno. Menurutnya, ideologi soal penentangan terhadap penindasan dan menciptakan keadilan sosial tersebut telah tertuang dalam Pancasila.

"Kita kan Pancasila di situ sudah jelas ya, kerakyatan, keadilan sosial, ya, kita harus berpihak kepada seluruh rakyat Indonesia," katanya.

Baca juga : Prabowo Ziarah Ke Makam Bung Karno

Prabowo juga menekankan negara merdeka harus menjamin rakyatnya dari permasalahan kemiskinan dan kelaparan. Menurutnya, kemiskinan bertentangan dengan paham kemerdekaan. Dengan demikian, Ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu-membahu menolong sesama.

"Yang paling lemah harus kita angkat. Tidak boleh di negara merdeka orang yang lapar, tidak boleh negara yang merdeka anak-anak yang kurang gizi. Kemiskinan bertentangan dengan paham kedaulatan, dengan paham kemerdekaan," katanya.

Usai berziarah ke makam Bung Karno, Prabowo menghadiri acara deklarasi dukungan dari Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Indonesia di GOR Sukarno-Hatta, Blitar. Dalam acara yang turut dihadiri AHY ini, para hadirin menyatakan dukungan terhadap pasangan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Capres-Cawapres.

Deklarasi ini diikuti para petani dan relawan yang terlihat memenuhi GOR Sukarno-Hatta. Saat Prabowo naik ke panggung untuk memberikan sambutan, mereka riuh menyambut dengan tepuk tangan.

Prabowo lantas mengucapkan terima kasih kepada mereka yang telah mendeklarasikan dukungannya dalam Pilpres 2024. Menurutnya, antusiasme rakyat Blitar luar biasa, terutama para petaninya dalam kegiatan itu. Ia pun merasa mendapat energi tambahan untuk menghadapi Pemilu 2024. "Saya seperti mendapat suatu energi lagi setelah berinteraksi dengan rakyat paling bawah," ujarnya.

Prabowo mengatakan, saat ini sudah saatnya memperhatikan kehidupan petani yang selama ini kurang dibela. Menurutnya, bangsa yang merdeka harus mempunyai ketahanan pangan yang salah satunya ditentukan oleh petani. "Tidak ada negara yang bisa berdiri tanpa makanan," ujarnya.

Baca juga : Ziarah Ke Makam Bung Karno, Prabowo Disambut Antusias Para Peziarah

Prabowo menyampaikan komitmennya bersama Gibran untuk bekerja keras dan memberikan yang terbaik untuk rakyat kecil. Khususnya para petani agar dapat hidup dengan sejahtera.

"Jangan pas-pasan terus. Kita akan berjuang untuk kepentingan rakyat yang paling bawah, untuk kepentingan petani-petani kita. Saya akan bekerja sekeras-kerasnya agar petani hidup sesuai dengan jerih payahnya," katanya.

Selama ini Prabowo memang dikenal memiliki perhatian besar terhadap petani. Hal itu ditunjukkan ketika ia menjabat sebagai Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) selama dua periode yaitu tahun 2004-2009 dan 2010-2015. HKTI merupakan organisasi berskala nasional yang dikembangkan berdasarkan kesamaan aktivitas maupun profesi di bidang agrikultur dan pengembangan pedesaan.

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka, edisi Senin (18/12), dengan judul “Ziarah ke Makam Bung Karno, Prabowo Seperti Dapat Energi Baru”.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.