Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

UP Komit Lahirkan Generasi Unggul Berjiwa Pancasila untuk Indonesia Emas 2045

Kamis, 9 November 2023 20:57 WIB
Dies Natalis ke-57 dan wisuda Mahasiswa Semester Gasal 2022/2023 Universitas Pancasila, di JCC, Kamis (9/11). (Foto: Dok. UP)
Dies Natalis ke-57 dan wisuda Mahasiswa Semester Gasal 2022/2023 Universitas Pancasila, di JCC, Kamis (9/11). (Foto: Dok. UP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Universitas Pancasila (UP) merayakan Dies Natalis ke-57 bersamaan dengan wisuda Mahasiswa Semester Gasal Tahun Ajaran 2022/2023, di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (9/11). Di acara ini, UP menegaskan komitmennya melahirkan generasi unggul berjiwa Pancasila untuk Indonesia Emas 2045.

Rektor Universitas Pancasila Prof Edie Toet Hendratno menjelaskan, ke depan semua institusi pendidikan harus dapat menghasilkan sumber daya manusia (SDM) potensial sebagai pengungkit pencapaian Indonesia Emas 2045. Oleh karena itu, Universitas Pancasila selalu memastikan terbentuknya kompetensi dasar mahasiswa dalam bidang kewirausahaan, penguasaan bahasa asing, serta berkembangnya keterampilan yang sesuai dengan keilmuan masing-masing.

“Semangat inilah yang melatarbelakangi pemilihan tema wisuda yaitu, Generasi Unggul Berjiwa Pancasila sebagai Penentu Indonesia Emas 2045," ucapnya, dalam pidato di wisuda tersebut.

Baca juga : Di Rakernas LDII, Jokowi Bicara Soal Indonesia Emas 2045

Dalam wisuda kali ini, Universitas Pancasila meluluskan 1.606 wisudawan dan wisudawati. Terdiri dari 146 lulusan program diploma, 1.143 lulusan program sarjana, 110 lulusan program profesi, 189 lulusan program magister, dan 18 lulusan program doktoral.

Edie Toet berterima kasih kepada para mahasiswa yang telah aktif menyumbangkan berbagai prestasi baik internasional maupun nasional. Di antaranya 5 emas dan 3 perak oleh Mahasiswa Farmasi pada World Science, Environment and Engineering Competition (WSEEC) 2023- Indonesia Young Scientist Association (IYSA). Lalu, 5 medali emas, 7 medali perak, serta 3 medali perunggu yang diperoleh dari KONI CUP Indonesia Taekwondo Series-Kyorugi Poomsai 2022.

Orasi ilmiah di wisuda kali ini menghadirkan Menko Polhukam Mahfud MD. Mahfud berbicara mengenai pentingnya penegakan hukum dan keadilan dalam membangun negara.

Baca juga : Danone Indonesia Siap Kolaborasi, Wujudkan Indonesia Emas 2024

Edie Toet berharap, kehadiran Mahfud dapat memotivasi para alumni dalam bekerja di tengah-tengah masyarakat untuk selalu mengedepankan sikap jujur dan berani dan memiliki karakter nilai-nilai Pancasila.

“Apalagi saat ini Universitas Pancasila telah meraih Akreditasi Unggul, yang merupakan nilai tertinggi yang diberikan kepada universitas. Baru 1,08 persen perguruan tinggi dari 4.524 perguruan tinggi di Indonesia yang memperoleh akreditasi ini, sehingga alumninya juga perlu mencerminkan perilaku unggul,” ungkapnya.

Dia menambahkan, perilaku unggul ini juga dicontohkan para dosen di Universitas Pancasila. Pada beberapa tahun belakangan, Universitas Pancasila aktif melahirkan para guru besar dalam berbagai bidang ilmu.

Baca juga : Tagar Prabowo Gibran Makin Unggul Trending Topic X Indonesia

Pada 2022, Universitas mendapatkan penghargaan dari LLDIKTI Wilayah III sebagai universitas yang mengukuhkan guru besar terbanyak, yakni delapan guru besar. Pada 12 Desember 2023, akan ada tiga guru besar baru yang akan dikukuhkan yakni Prof Ismail, Prof Jonbi, dan Prof Deni Rahmat.

Edie Toet menutup pidatonya dengan mengajak seluruh hadirin untuk percaya bahwa kegigihan sebuah kualitas diri yang perlu ditumbuhkan untuk menuju kesuksesan dan membantu mengatasi tantangan yang semakin kompleks.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.