Dark/Light Mode

2024, 60 Kereta Ekonomi New Gen Meluncur

Dirut KAI Janji, Upgrading Kereta Kelas Ekonomi Bakal Jalan Terus

Sabtu, 30 Desember 2023 18:54 WIB
Dirut KAI Didiek Hartantyo, didampingi VP Public Relations KAI Joni Martinus usai peninjauan Kereta Luxury New Generation KA Argo Dwipangga di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (30/12/2023). (Foto: Marula Sardi/RM.id)
Dirut KAI Didiek Hartantyo, didampingi VP Public Relations KAI Joni Martinus usai peninjauan Kereta Luxury New Generation KA Argo Dwipangga di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (30/12/2023). (Foto: Marula Sardi/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Didiek Hartantyo memastikan, pihaknya akan terus meng-upgrade fasilitas kereta kelas ekonomi, yang identik dengan kursi tegak, untuk memberikan layanan terbaik kepada penumpang.

Apalagi, Didiek meyakini daya beli juga akan semakin meningkat, seiring bertambahnya pendapatan masyarakat.

"Itu akan terus berlangsung. Karena kita melihat itu tidak manusiawi. Bayangkan, waktu kita kecil dulu (kursi kelas ekonomi tegak), sampai sekarang juga begitu. Padahal kan pendapatan masyarakat makin tinggi, kapasitas belinya juga makin tinggi," kata Didiek, usai peninjauan Kereta Luxury New Generation dalam rangkaian KA Argo Dwipangga di Stasiun Gambir, Jakarta, Sabtu (30/12/2023). Didampingi Direktur Pengembangan Usaha dan Kelembagaan, Rudi As Aturridha serta Vice President Public Relations KAI Joni Martinus.

Baca juga : Ariyo Bimmo: Peraturan Ini Bukan Norma Baru Lho…

Untuk meningkatkan layanan di kereta kelas ekonomi, Didiek mengaku tak segan turun langsung, menyerap aspirasi masyarakat.

“Kami mendengar. Kalau masyarakat mengeluh, itu apa yang kurang. Saya sering ke lapangan. Saya suka nanya ke penumpang, ini kalau harganya saya naikkan, kira-kira sanggupnya sampai berapa. Itu saya survei langsung,” ungkap Didiek.

"Kami tidak membeda-bedakan ekonomi dan kelas lainnya. Kalau kita lihat Stasiun Senen, itu KAI pasang AC lho, meski untuk layanan kelas ekonomi,” imbuhnya.

60 Kereta Ekonomi New Generation

Baca juga : Dicecar 24 Pertanyaan, Menpora Dito Jawab Dengan Baik Dan Transparan

Terkait hal tersebut, Vice President Public Relations PT KAI Joni Martinus menjelaskan, saat ini terdapat 12 kereta kelas ekonomi yang telah dimodifikasi.

Gerbong tersebut merupakan bagian dari trainset KA Jayabaya relasi Pasar Senen-Malang PP.

Dalam satu rangkaian KA Jayabaya, terdapat 5 kereta ekonomi. Saat ini, ada dua rangkaian KA Jayabaya yang telah dimodifikasi, sehingga totalnya ada 10 kereta ekonomi. Dua lainnya, merupakan kereta cadangan.

Baca juga : Meluncur Agustus, Kereta Cepat Jakarta-Bandung...

"Tahun 2024, KAI akan memodifikasi 60 kereta ekonomi new generation, yang peruntukannya masih kami kaji,” pungkas Joni.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.