Dark/Light Mode

Kembangkan Rangga Concept, Toyota Gandeng 50 Perusahaan Karoseri Indonesia

Minggu, 31 Desember 2023 08:41 WIB
Toyota Rangga Concept. (Foto: Ist)
Toyota Rangga Concept. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota-Astra Motor (TAM) menggandeng 50 perusahaan karoseri Indonesia untuk mengkonversi Toyota Rangga Concept menjadi sesuai kebutuhan pelanggan.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy mengatakan, kehadiran Toyota Rangga Concept mendapatkan respon positif dari konsumen loyal. Sekarang Toyota tengah melakukan persiapan akhir sebelum peluncuran di 2024.

“Sebelum meluncur kita pasti ketemu karoseri. Melihat langsung mobilnya, mengukur buat modifikasi, kita sudah ajak sekitar 50 karoseri ajak kerja sama untuk nanti dibeli TAM, dealer  atau konsumen,” kata Anton di acara Media Gathering Toyota, Jakarta Selatan, Selasa (12/12).

Ia optimis kerja sama dengan karoseri bakal membantu kiprah Toyota Rangga Concept di Tanah Air. Hal ini berkaca dari kesuksesan Kijang Pick Up di 2006 yang mendapat respon positif karena didukung oleh karoseri.

“Kami juga yakni produk Rangga akan di-support, kami sudah mendapatkan dukungan dari total kira-kira 50 karoseri atau body builder di seluruh Indonesia,” ungkap Anton.

Toyota juga akan memberi dukungan dari sisi lain seperti teknis modifikasi, mengingat aturan di Indonesia terbilang ketat. “Semua akan kita dukung dan gunakan untuk kepentingan konsumen,” ujarnya.

Tidak hanya menggandeng karoseri, Toyoto juga mengajak masyarakat umum untuk turut terlibat dalam pengembangan Toyota Rangga Concept melalui Digital Modification Contest (Digimodz) untuk mendesain mobil itu menjadi kendaraan serba guna sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga : Harga Toyota Rangga Concept Dibanderol Di Bawah Hilux

Pada momen End Year Media Gathering 2023, PT Toyota-Astra Motor mengumumkan sembilan besar pemenang Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest (Digimodz). Tim juri yang berasal dari NMAA National Judge, Jurnalis Otomotif, dan Designer Team Rangga Concept PT TAM, memilih sembilan kontestan yang terdiri atas tiga peserta untuk masing-masing tema lomba yakni Business, Public Service, dan Lifestyle.

Untuk tema Business pemenangnya adalah PT. Sentrabumi Palapa Utama-Mobile Stage Display, Dhandy Ramadhan- Chicken Transporter, dan Rizal Arofah Dzikri Amruloh-Retro Foodtruck.

Lalu untuk tema Public Service pemenangnya adalah Bayu Hari Wibisono-Toilet Difabel, Dandung Prasojo-All In One Rescue, dan DSP Styling-Ditpolsatwa Model Body.

Sedangkan tema Lifestyle pemenangnya adalah CV. Delima Mandiri-Motorhome, Bernard Harianto-Rally Pick Up, dan Muhammad Rizky Kevindra-Rangga Speed Machine.

Anton mengucapkan, selamat kepada para peserta yang telah lolos ke babak 9 besar Toyota Rangga Concept Digital Modification Contest yang berarti tinggal satu langkah lagi untuk mendapatkan desain terbaik. Dengan semangat continuous improvement, Toyota mengapresiasi semangat dan kerja keras para peserta dalam lomba desain commercial concept car pertama di Indonesia ini.

“Sejalan visi Mobility for All, kami berharap desain konversi hasil lomba ini dapat dieksekusi menjadi produk nyata yang mendukung dan menumbuhkan kegiatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Toyota berkolaborasi dengan NMAA (National Modificator and Aftermarket Association) untuk membuka kesempatan bagi para desainer lokal mengelaborasi berbagai ide konversi mobil niaga serbaguna Toyota Rangga Concept yang menghasilkan banyak inspirasi aktivitas usaha.

Baca juga : Hari Ini, Jay Idzes Sah Jadi Pemain Timnas Indonesia

Di tahap awal, lebih dari 200 peserta mendaftarkan dan mengirimkan desain digital dari Toyota Rangga Concept. Peserta yang terdiri dari masyarakat umum dan representasi body builder mengirimkan desain virtual berdasarkan tiga pilihan tema, yaitu Business untuk menjalankan aktivitas usaha pelanggan, Public Service untuk memberikan layanan kepada masyarakat, dan Lifestyle untuk mendukung gaya hidup pemiliknya.

Masing-masing tema mensyaratkan kendaraan komersial yang fungsional dan serbaguna, dengan mobilitas dan daya tahan tinggi, serta tampilan yang yang lebih eye-catching dan atraktif.

Melalui ajang modifikasi kontes ini Toyota menghadirkan Rangga Concept sebagai kanvas untuk para desainer lokal menciptakan desain-desain yang menginspirasi, dan dapat diwujudkan menjadi sebuah solusi mobilitas yang mampu menunjang beragam usaha atau kebutuhan, serta dapat menjadi penggerak ekonomi bangsa.

Sekarang, proses penjurian Toyota Rangga Concept Digimodz telah memasuki babak sembilan besar di mana desain karya finalist telah direalisasikan menjadi mobil die-cast skala 1:18.

Peserta terpilih akan melaju ke babak final. Tiga pemenang pertama masing-masing tema lomba akan memperebutkan hadiah total Rp 130 Juta dan dibuatkan model skala 1:1.

Sebelumnya PT Toyota-Astra Motor membocorkan jadwal peluncuran Toyota Rangga Concept di Indonesia. Rencana mobil komersial serba guna itu akan mengaspal di Indonesia pada awal tahun depan.

“Toyota Rangga akan kita luncurkan di awal tahun depan atau 2024,” kata Anton.

Baca juga : Ganjar Pranowo Bakal Jadikan Jawa Tengah Pusat Tembakau Di Indonesia

Anton mengatakan, saat ini Toyota tengah mempersiapkan peluncuran Toyota Rangga Concept. Mulai dari persiapan dealer, paket kredit, purna jual, spare part, hingga berbagai ketersediaan konversi kendaraan, mengingat mobil pick up modern ini dapat dikonversi menjadi apapun sesuai kebutuhan.

Dalam kesempatan itu, Anton juga mengumumkan nama resmi mobil komersial terbaru itu, Toyota Hilux Rangga. "Sebenarnya nama lengkapnya adalah Toyota Hilux Rangga, ada Hiluxnya jadi masuk keluarga Hilux," kata Anton.

Toyota pertama kali mengenalkan Toyota Rangga Concept pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD, Tangerang, Agustus 2023. Kehadiran mobil ini langsung menjadi pusat perhatian.

Di GIIAS, Toyota juga memamerkan berbagai konversi dari Rangga Concept. Mulai dari Rangga Concept Mobile Café, Rangga Concept Ambulance, Rangga Concept EV Charge Mobile Service, sampai Rangga Concept Pace Car.

Tidak hanya di GIIAS, Toyota Rangga Concept  juga sudah dipamerkan di event Japan Mobility Show (JMS) 2023 di Tokyo Big Sight Jepang, 26 Oktober–5 November 2023. Toyota-Astra Motor memajang Tukuliling sebagai Rangga Concept Mobile Café hasil kerja sama dengan Toko Kopi Tuku.

Toyota Rangga Concept diharapkan dapat menggerakkan industri otomotif seperti halnya Kijang Pick Up. Karena seperti diketahui, dulu Toyota menggandeng para karoseri lokal atau body builder untuk melakukan konversi Kijang Pick Up.

Dengan begitu, Toyota Rangga Concept dipercaya menjadi sebuah mobil niaga serbaguna yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia, dan dapat diandalkan. Dan sekarang, langkah ini kembali dilakukan pada Rangga Concept yang melibatkan para perusahaan lokal karoseri dan industri pendukungnya yang akan turut menciptakan inovasi yang lebih baik bersama kehadiran Rangga.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.