Dark/Light Mode

Bikin Terobosan, Permudah Pembiayaan Pasar Modal

BEI Kudu Beri Akses Buat UKM Naik Kelas

Rabu, 3 Januari 2024 07:10 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat peresmian Pembukaan Per­dagangan BEI Tahun 2024 di Jakarta, Selasa (2/1/2024). (Foto: Ist)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat peresmian Pembukaan Per­dagangan BEI Tahun 2024 di Jakarta, Selasa (2/1/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bursa Efek Indonesia (BEI) diharapkan membuat terobosan dan lebih memperhatikan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Hal itu perlu dilakukan agar UKM bisa memperoleh pembiayaan pasar modal untuk naik kelas.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat peresmian Pembukaan Per­dagangan BEI Tahun 2024 di Jakarta, Selasa (2/1/2024).

Menurut Ma’ruf, awal tahun ini BEI harus memiliki terobosan yang lebih memperhatikan UKM. BEI harus menghilangkan kesan eksklusif karena hanya memfasilitasi perusahaan-perusahaan besar.

Baca juga : Politisi Lokal Bisa Naik Kelas

“Bursa harus ramah penda­naan bagi UKM. BEI diharap­kan tidak terjebak dalam zona nyaman. Namun, membuat terobosan agar usaha kecil bisa memperoleh akses pembiayaan dari pasar modal,” kata Ma’ruf.

Dia juga meminta BEI mengoptimalkan dan mengembang­kan potensi pembiayaan melalui pasar modal dengan peningkatan literasi kepada masyarakat.

Dalam pandangannya, peningkatan edukasi dan literasi kepada masyarakat seyogianya terus menjadi agenda kerja BEI dan pemangku kepentingan, baik melalui jalur pendidikan formal maupun informal.

Baca juga : Rangkaian Perayaan Natal GBI HMJ Sukses Digelar

Ma’ruf bilang, pemahaman yang semakin baik terhadap investasi berbanding lurus dengan kecakapan investor dalam pengambilan keputusan in­vestasi. Termasuk investasi di pasar modal.

Soal literasi keuangan, Ma’ruf juga menekankan bahwa Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berperan krusial. Khususnya menyiapkan strategi dan kebijakan yang inklusif dan berkelanjutan.

OJK juga diharapkan terus mendorong perluasan dan pe­merataan akses keuangan. Terutama produk pasar modal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.