Dark/Light Mode

Bikin Terobosan, Permudah Pembiayaan Pasar Modal

BEI Kudu Beri Akses Buat UKM Naik Kelas

Rabu, 3 Januari 2024 07:10 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat peresmian Pembukaan Per­dagangan BEI Tahun 2024 di Jakarta, Selasa (2/1/2024). (Foto: Ist)
Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat peresmian Pembukaan Per­dagangan BEI Tahun 2024 di Jakarta, Selasa (2/1/2024). (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Pada kesempatan itu, sang Kiai menyampaikan kinerja pasar modal Indonesia sepan­jang 2023 yang memberikan op­timisme. Selain stabilitas pasar modal yang terjaga, pertumbuhan positif nampak dari mening­katnya aktivitas perdagangan, jumlah penghimpunan dana, serta jumlah investor ritel.

“Investor ritel pasar modal kini mencapai 12 juta lebih. Ini mengindikasikan adanya partisi­pasi masyarakat yang kian baik,” ujar Ma’ruf.

Dia mengatakan, berbagai prestasi bursa efek diharapkan memberi suntikan optimisme yang lebih besar lagi bagi pelaku pasar modal maupun masyarakat luas. Dengan eksekusi strategi dan kebijakan yang tepat, pasar modal Indonesia mampu berki­nerja lebih cerah.

Baca juga : Politisi Lokal Bisa Naik Kelas

Menurut Ma’ruf, keberhasilan kinerja BEI tidak terlepas dari sinergi semua pemangku kepentingan dan lembaga otoritas. Ter­masuk OJK, melalui peningkatan kualitas produk dan layanan, serta penguatan ekosistem pasar modal Indonesia.

Karena itu, dia meminta BEI meningkatkan inovasi dan pe­manfaatan teknologi digital dalam layanan kepada para investor di pasar modal. Pengaplikasian teknologi dan digitalisasi me­mainkan peran penting. Termasuk pada pendalaman pasar modal.

Selain itu, memperluas basis investor maupun emiten, pe­manfaatan platform digital akan semakin mempermudah akses pasar modal dan menarik minat masyarakat. Khususnya generasi muda dan milenial.

Baca juga : Rangkaian Perayaan Natal GBI HMJ Sukses Digelar

“Karena itu, para pelaku pasar modal terkait mesti didorong agar terus mengembangkan produk dan layanan yang lebih ramah digital,” pintanya.

BEI juga kudu memperluas jejaring dan sinergi pemangku kepentingan guna mendorong peningkatan perdagangan saham di BEI.

BEI dan Self Regulatory Or­ganization dengan dukungan OJK juga diharapkan memper­tahankan operasional perda­gangan secara maksimal, serta terus menciptakan ekosistem pasar modal yang kondusif dan menarik bagi investor lokal maupun asing.

Baca juga : Green Sukuk, Terobosan Pembiayaan Hijau Di Indonesia

“Tingkatkan partisipasi semua pemangku kepentingan untuk mempromosikan pasar modal Indonesia dan memanfaatkan beragam media digital dalam edukasi pasar modal,” pinta Ma’ruf.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 3/1/2024 dengan judul Bikin Terobosan, Permudah Pembiayaan Pasar Modal, BEI Kudu Beri Akses Buat UKM Naik Kelas    

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.