Dark/Light Mode

Dapil Sumatera Selatan 1

Politisi Lokal Bisa Naik Kelas

Kamis, 21 Desember 2023 07:50 WIB
Dapil Sumatera Selatan 1 Politisi Lokal Bisa Naik Kelas

RM.id  Rakyat Merdeka - Dapil Sumatera Selatan 1 menjadi batu loncatan bagi politisi lokal untuk naik kelas. Mantan Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD hingga eks kepala daerah coba menggoyang 8 kursi petahana.

Dapil yang meliputi Kota Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba), Musi Rawas (Murah), Musi Rawas Utara (Muratara) dan Lubuklinggau menempatkan Partai Gerindra sebagai juara di Pemilu 2019. Partai Gerindra menjadi pemenang dengan meraih 2 dari 8 kursi DPR. Keduanya adalah Siti Nurizka Puteri Jaya dan Eddy Santana Putra.

Baca juga : Dzikir Dan Sholawat Warnai Kegiatan Literasi Digital Di Nganjuk

Sedangkan partainya lainnya masing-masing satu kursi. Yaitu Riezky Aprilia dari PDIP, Kahar Muzakir Golkar, Fauzy H Amro NasDem, Mustafa Kamal PKS, Achmad Hafisz Tohir PAN, dan Ishak Mekki Demokrat.

Di Pemilu 2024, para incumbent itu ditantang oleh Caleg pendatang baru dari berbagai latar belakang. Meskipun umumnya politisi lokal, para penantang ini diketahui punya basis massa yang cukup kuat di dapil tersebut.

Baca juga : Prabowo Enggan Jadi Politisi Omdo, Umbar Janji Tak Ditepati

Sebut saja mantan Wali Kota Lubuklinggau SN Nanan Prana Putra Sohe yang maju dari PKB. Bahkan berdasarkan hasil survei Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) September, Nanan memiliki modal keterkenalan (popularitas) di angka 36 persen, dan tingkat kesukaan (akseptabilitas) 96 persen.

Gerindra yang sebelumnya meraih 2 kursi DPR, coba mendongkrak suara dengan memasang Wakil Ketua DPRD Sumsel Kartika Sandra Desi.

Baca juga : Ayo Gerak Cepat Banjiri Pasar Beras

Hal yang sama juga dilakukan Golkar. Partai besutan Airlangga Hartarto itu menempatkan Ketua DPRD Sumsel, RA Anita Noeringhati untuk menemani Kahar Muzakir di Senayan. Wanita yang dikenal dengan julukan Singa Betina ini punya jejak rekam mumpuni di Sumsel.

Sebelum menjabat Ketua DPRD Sumsel, Anita pernah mengemban amanah sebagai Ketua Fraksi Golkar di DPRD Provinsi Sumsel periode 2014-2019. Selain itu, ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi V hingga akhirnya dipercaya menjadi Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Sumsel Beringin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.