Dark/Light Mode

Meski Trafik Penumpang Tinggi Saat Nataru

Top, BUMN Transportasi Optimal Berikan Layanan

Kamis, 4 Januari 2024 07:20 WIB
Pengamat transportasi dari Akademisi Institut Teknolo­gi Sumatera, IB Ilham Malik. (Foto: Ist)
Pengamat transportasi dari Akademisi Institut Teknolo­gi Sumatera, IB Ilham Malik. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor layanan dan jasa transportasi, tol dan kebandarudaraan berhasil memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Penilaian itu disampai­kan pengamat transportasi dari Akademisi Institut Teknolo­gi Sumatera IB Ilham Malik. Menurutnya, layanan BUMN saat momen Nataru patut dipuji. Khususnya pelayanan jalan tol, kapal laut dan kereta api.

Ia mencontohkan, tingkat ke­celakaan di jalan tol berkurang bila dibandingkan sebelumnya. Meskipun masih ada insiden kecelakaan lalu lintas, seperti yang terjadi di jalan tol Jakarta-Cikampek pada malam Tahun Baru (31/12/2023).

Dia menilai, kepadatan jalan tol di Bali, hal yang wajar terjadi, mengingat mobilitas masyarakat cukup tinggi selama masa libur Nataru. Kepadatan di beberapa titik jalan tol tidak bisa dihindari.

Baca juga : Arus Balik Libur Nataru, Transaksi Gerbang Tol Jabotabek Dan Jawa Barat Meningkat

“Tapi kita bisa ukur, bahwa waktu tempuh selama di per­jalanan dengan kondisi saat hari biasa, masih sangat baik,” ujar Ilham kepada Rakyat Merde­ka, kemarin.

Begitu juga layanan kepada masyarakat yang hendak me­nyeberang ke luar Pulau Jawa melalui angkutan kapal laut.

Saat ini dia melihat, layanan di pelabuhan sudah lebih baik. Ditambah lagi ruang tunggu bagi para penumpang kapal lebih bersih dan pembelian tiket kapal laut sudah diterapkan se­cara digital.

“Karena orang sudah bayar, harapannya kondisi di dalam kapal pun lebih baik, lebih bersih. Waktu tempuhnya harus tepat, serta berapa lama kapal bersandar,” ucapnya.

Baca juga : Arus Mudik Nataru, Pertamina Patra Niaga Optimalkan Layanan Energi di Sulawesi

Penilaian positif pun diberi­kannya kepada layanan kereta api, yang sama baiknya dengan moda transportasi lainnya.

“Saya kira kereta juga baik pelayanannya, keretanya diper­barui, digitalisasi sudah diterap­kan,” imbuhnya.

Terpisah Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Per­sero) Shelvy Arifin mengamini, peningkatan pelayanan terus dilakukan selama masa libur Nataru.

Dia mengaku, pihaknya telah memprediksi dan mengantisipa­si puncak arus balik penumpang dan kendaraan dari Pulau Bali pada Senin (1/1/2024).

Baca juga : Siapkan Transportasi Aman Dan Terjangkau

Karenanya, trafik kendaraan yang kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Gilimanuk terpantau ramai dan mengalir.

Puncak arus balik di Pelabuhan Gilimanuk berlangsung sejak Senin (1/1) siang hingga Selasa (2/1) dini hari.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.