Dark/Light Mode

Meski Trafik Penumpang Tinggi Saat Nataru

Top, BUMN Transportasi Optimal Berikan Layanan

Kamis, 4 Januari 2024 07:20 WIB
Pengamat transportasi dari Akademisi Institut Teknolo­gi Sumatera, IB Ilham Malik. (Foto: Ist)
Pengamat transportasi dari Akademisi Institut Teknolo­gi Sumatera, IB Ilham Malik. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
“Terpantau kendaraan kecil dan bus bergerak dari Bali menuju Jawa memadati area pelabuhan. Sehingga sempat terjadi antrian,” ujar Shelvy melalui siaran pers, Selasa (2/1/2024).

Namun pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut dengan melakukan percepatan atas layanan bongkar-muat, dan antrean bisa segera diatasi dalam waktu singkat.

Pihaknya juga mengoperasi­kan Dermaga IV moveable bridge di Pelabuhan Gilimanuk, yang dapat melayani kapal berukuran besar. Sehingga pelayan­an pengangkutan kendaraan dan penumpang lebih optimal.

Baca juga : Arus Balik Libur Nataru, Transaksi Gerbang Tol Jabotabek Dan Jawa Barat Meningkat

“Jika dalam kondisi normal, di lintasan Gilimanuk-Keta­pang jumlah armada R4 yang menyeberang rata-rata 2.000-3.000 unit per 24 jam. Senin (1/1/2024), sudah mencapai 9.000 unit kendaraan yang ramai mengalir dari siang hingga dini hari,” tutur Shelvy.

Berdasarkan data Posko Gili­manuk 24 jam pada H+7 realisasi total penumpang mencapai 43.836 orang, atau naik 20 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 36.561 orang.

Lalu, total seluruh kendaraan tercatat 9.006 unit yang telah menyeberang dari Bali ke Jawa pada H+7 atau naik 24 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 7.281 unit.

Baca juga : Arus Mudik Nataru, Pertamina Patra Niaga Optimalkan Layanan Energi di Sulawesi

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Bali ke Jawa mulai dari H-7 hingga H+7, tercatat 428.779 orang atau naik 21 persen dibandingkan re­alisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 355.127 orang.

Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang, kata dia, tercatat 110.238 unit atau naik 26 persen dibandingkan re­alisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 87.479 unit.

Sementara trafik penumpang dan kendaraan dari Pulau Su­matera menuju Jawa, terpantau mengalami peningkatan pada Senin (1/1) atau H+7.

Baca juga : Siapkan Transportasi Aman Dan Terjangkau

Ia menjelaskan, dari data Posko Bakauheni 24 jam periode H+7 realisasi total penumpang mencapai 51.856 orang. Atau naik 45 persen dibandingkan re­alisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 35.680 orang.

Diikuti total seluruh kendaraan tercatat 12.550 unit yang telah menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H+7, atau naik 49 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 8.447 unit.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.