Dark/Light Mode

Golden Future Indonesia Bangun Lumbung Ternak Dhuafa Di 5 Titik Di Indonesia

Minggu, 7 Januari 2024 10:29 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati milad ke-7, Golden Future Indonesia menginisiasi penyebaran program lumbung ternak dhuafa untuk memberikan kebermanfaatan dan kebaikan yang berlanjut dan stabil.

Dengan program ini, diharapkan para peternak yang sudah memiliki basic peternak dan melalui mentoring relawan-relawan lokal yang berada di lokasi, bisa merasakan manfaatnya.

Program ini berjalan di beberapa titik, seperti di Masohi dan Pulau Seram, Maluku. Kemudian Malang-Jawa Timur, Jampang-Kabupaten Sukabumi, Pekaitan-Sumatra Selatan. Program ini diharapkan berkembang di berbagai titik di Indonesia.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Akan Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia

Lumbung Ternak Dhuafa GFI secara langsung menjawab kebutuhan masyarakat akan terwujudnya pemberdayaan. Masyarakat jadi memiliki hewan peliharaan yang awalnya merupakan bantuan dari GFI,” terang Direktur Program Golden Future Indonesia, Aryo Nur Firdaus.

Salah satu warga Pekaitan, Sumsel, Miswandi (44), yang awalnya berprofesi sebagai petani, kini telah memiliki delapan ekor kambing setelah mengikuti program tersebut.

“Alhamdulillah program dari GFI saya yang tidak punya ternak, sekarang sudah punya delapan ekor kambing. Semua sudah siap kurban. Indukannya juga ada dan semoga akan terus berkembang biak,” tuturnya.

Baca juga : Top! Indonesia Jadi Bagian 10 Besar Negara Manufaktur Di Dunia

Hal serupa juga terjadi di Jampang Kab. Sukabumi. Masyarakat jadi berdaya, terlebih jelang Idul Adha.

Beberapa ekor dari kambing yang mereka ternak selama ini juga memenuhi syarat untuk dijadikan hewan qurban dan dikembangbiakkan.

“Memang butuh proses kalau jadi peternakan besar, tetapi yang ada ini sudah memberi begitu banyak dampak kebaikan. Masyarakat jadi punya aktivitas, meningkatkan skill dalam beternak, hingga berdaya secara ekonomi, apalagi jelang Idul Qurban,” tutur Aryo.

Baca juga : Gandeng Unhan, Kemhan Telah Resmikan 105 Titik Sumber Air Bersih Di Indonesia

Pemberdayaan Lumbung ternak Dhuafa ini berjalan secara simultan agar tercapai upaya pembangunan berkelanjutan dan stabil, menghadirkan pemberdayaan yang mengubah posisi masyarakat dari tidak mampu menjadi berdaya dan mandiri.

“Tentu program ini penting jadi perhatian kita bersama agar pemberdayaan dana zakat, infak dan sedekah, dapat melahirkan kebaikan yang berkelanjutan serta kekuatan perubahan nyata bagi masyarakat, dari satu individu, satu keluarga, masyarakat ke lingkungan lebih luas,” kata Aryo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.