Dark/Light Mode

Ganjar-Mahfud Akan Jadikan Indonesia Lumbung Pangan Dunia

Sabtu, 6 Januari 2024 17:03 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Caranya dengan membuka 17 juta lapangan kerja baru.

Menurut Ganjar-Mahfud, hal itu sangat mungkin diwujudkan karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, lahan pertanian yang luas, dan iklim yang cocok dengan semua jenis tanaman pangan.

"Indonesia punya potensi menjadi lumbung pangan dunia. Di ASEAN, ada Vietnam, Thailand, dan Indonesia yang punya kemampuan untuk itu," kata Ganjar, Sabtu (6/1/2024).

Baca juga : Ganjar-Mahfud Usung 5 Arah Kebijakan Luar Negeri

Untuk mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia, kata Ganjar, diperlukan modernisasi dan mekanisasi pertanian.

Selain itu, Pemerintah juga perlu memastikan ketersediaan pupuk dan benih yang berkualitas Data menunjukkan, produksi beras Indonesia sudah mencapai 5,9 ton per hektare.

Menurut Ganjar, angka tersebut masih bisa ditingkatkan menjadi sekitar 7 ton per hektare.

Baca juga : Menlu Retno: Kepemimpinan Indonesia Diakui Dunia

"Risetnya sudah sampai 12 ton, tapi itu riset. Kalau saja bisa meningkatkan sampai 7 ton saja, maka produksi kita sudah luar biasa," ujar dia.

Ganjar melanjutkan, Indonesia perlu memastikan pasokan pangan yang berkelanjutan dalam situasi konflik atau perang. Hal ini penting untuk menjaga stabilitas pangan global.

"Kita harus memastikan bahwa suplai pangan kita berkelanjutan, terutama dalam situasi konflik atau perang. Ini penting untuk menjaga stabilitas pangan global," jelas Ganjar.

Baca juga : Genjot Ekonomi Berdikari, Ganjar-Mahfud Perkuat Made In Indonesia

Krisis pangan merupakan ancaman global yang perlu segera diatasi. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO), sebanyak 828 juta orang di dunia menderita kelaparan pada 2021.

Jumlah ini diperkirakan akan meningkat menjadi 1,1 miliar orang pada 2030. Karena itu, Ganjar-Mahfud berkomitmen akan melanjutkan program food estate dari pemerintahan Presiden Jokowi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.