Dark/Light Mode

Remaja India Pecahkan Rekor Rambut Terpanjang Di Dunia

Selasa, 12 Desember 2023 05:57 WIB
Sidakdeep Singh Chahal dengan rambut panjangnya. (Foto Tangkapan Layar YouTube Guinness World Records)
Sidakdeep Singh Chahal dengan rambut panjangnya. (Foto Tangkapan Layar YouTube Guinness World Records)

RM.id  Rakyat Merdeka - Remaja laki-laki berusia 15 tahun dari Uttar Pradesh, India, mencetak rekor dunia baru untuk rambut terpanjang yang dimiliki remaja pria. Sidakdeep Singh Chahal atau yang akrab disapa Sidak, telah memanjangkan rambutnya hingga 146 cm.

Memanjangkan rambut adalah dedikasinya pada tradisi Sikh. Tradisi ini telah dilakukan selama berabad-abad.

Dilansir Times of India, Sidak dengan cermat mencuci, mengeringkan, dan menyisir rambutnya dua kali seminggu. Ia juga mendedikasikan satu jam penuh setiap kali melakukan tugas tersebut.

Baca juga : Marcelo Percaya Macan Putih Mampu Terkam Maung Bandung

Sidak mengatakan, perawatan ini mungkin akan memakan waktu yang sangat lama jika tidak ada bantuan dari keluarganya. Baginya, menjaga rambut berkilaunya adalah hasil kerja cinta.

"Ini akan memakan waktu satu hari penuh jika tanpa bantuan ibu saya,” kata Sidak saat diwawancarai Guinness World Records.

Alasan di balik rambut panjangnya berakar pada keyakinan Sikh yang dianutnya. Orang Sikh menganggap rambut adalah anugerah dari Tuhan, sehingga mereka tidak pernah memotongnya.

Baca juga : Pecah Rekor Kepuasan, Publik Inginkan Komitmen Keberlanjutan Pasca-Jokowi

Sebagai bagian dari tradisi ini, Sidak biasanya mengikat rambutnya menjadi sanggul. Lalu, ia menutupinya dengan sorban, sesuai dengan adat istiadat Sikh.

Meskipun banyak keluarga dan teman Sidak yang menganut agama Sikh, tidak satupun dari mereka yang memiliki rambut sepanjang miliknya.

"Saya berencana untuk tidak memotong rambut saya sampai mati,” katanya dengan bangga.

Baca juga : Resmi, KPK Umumkan Eks Wamenkumham Tersangka Kasus Suap

Saat Sidak mengaku telah mencetak rekor dunia, keluarga dan temannya tidak percaya. Namun rambut Sidak telah diakui dalam buku Guinness World Records 2024.

“Mereka mengira saya sedang mempermainkan mereka, dan butuh sedikit bukti untuk meyakinkan mereka,” katanya terkekeh. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.