Dark/Light Mode

Terbesar Dalam 8 Terakhir, Investasi Hulu Migas 2023 Meningkat 13 Persen

Jumat, 12 Januari 2024 18:39 WIB
Konferensi Pers Kinerja tahun 2023,  Jumat (12/1/2024). (Foto: Dok. SKK Migas)
Konferensi Pers Kinerja tahun 2023, Jumat (12/1/2024). (Foto: Dok. SKK Migas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tren kinerja investasi Hulu Migas melampaui tren kinerja hulu migas secara global.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat hingga akhir 2023, realisasi investasi hulu migas mencapai 13,7 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp 210 triliun.

Dibandingkan dengan realisasi investasi di 2022, terdapat peningkatan hingga 13 persen dan melampaui pertumbuhan investasi hulu migas global yang diperkirakan berada di kisaran 6,5 persen.

Baca juga : Pemilu Indonesia Cuma Enam Jam

Realisasi investasi hulu migas di 2023 sekaligus menjadikannya sebagai investasi terbesar sejak 2016 atau dalam delapan tahun terakhir.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto menyampaikan, terus meningkatnya investasi hulu migas di Indonesia dalam delapan tahun terakhir.

Hal ininmenunjukkan bahwa upaya-upaya Pemerintah dan SKK Migas untuk meningkatkan iklim investasi mampu mengembalikan kepercayaan investor untuk kembali melirik sektor hulu migas.

Baca juga : Sumsel Sukses Kendalikan Inflasi di 2023, Agus Fatoni: Berkat Kerja Bersama

Dwi menambahkan, di tengah berbagai tantangan yang ada, sektor hulu migas mampu melakukan konsolidasi dan menemukan jalan untuk dapat pulih lebih cepat akibat pandemi Covid-19 serta mampu berperan secara tepat di tengah transisi energi sehingga hulu migas tetap menjadi salah satu tujuan investasi di Indonesia.

“Kami bersyukur selain melalui program kerja yang masif dan agresif, pelaksanaan transformasi hulu migas sesuai rencana strategis Indonesia Oil & Gas 4.0 berjalan dengan baik," ujar Dwi dalam Konferensi Pers Kinerja tahun 2023, Jumat (12/1/2024).

Hasilnya, menurut Dwi dapat terlihat dengan semakin masifnya investasi di sektor hulu migas, meskipun di tengah munculnya tantangan baru yaitu berkembangnya investasi di sektor energi bersih.

Baca juga : Anies Dapat Sambutan Meriah Di Sumbar, Relawan Yakin Menang 80 Persen

Dwi mengaku optimis tren investasi akan terus meningkat di masa mendatang.

Terkait investasi hulu migas untuk mencapai target long term plan (LTP) menuju target 2030, lanjut Dwi, di 2023 Investasi hulu migas pertama kalinya mampu melampaui target investasi yang telah ditetapkan dalam LTP.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.