Dark/Light Mode

Kembangkan Hidrogen, TMMIN Siap Bawa Toyota Mirai Ke Indonesia

Selasa, 23 Januari 2024 11:06 WIB
Toyota Mirai. (Foto: Ist)
Toyota Mirai. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota Indonesia siap membawa Toyota Mirai ke Indonesia. Asal infrastruktur hidrogennya sudah siap. 

Hal tersebut dikatakan Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam di XEV Center, Karawang, Jawa Barat, Senin (22/1/2024).

Baca juga : Kementan Pastikan Layanan Rekomendasi Impor Bawang Putih Sesuai Ketentuan

"Bahan bakarnya dulu. Jangan sampai kita bawa mobilnya, bahan bakar nggak ada," ujarnya.

Untuk diketahui, TMMIN saat ini bekerja sama dengan Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE) mengembangkan ekosistem hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan di Indonesia. Salah satunya dengan membuat Groundbreaking Hydrogen Refueling Station (HRS) di SPBU Daan Mogot.

Baca juga : Bang Zaki: Kepulauan Seribu Potensi Jadi Maldives Indonesia

Selain itu, Bob juga menyinggung soal regulasi dan tarif perpajakan soal kendaraan hidrogen. Sebab, dalam pengisian hidrogen saja, membutuhkan tekanan tinggi hingga 700 bar. Sementara saat ini, standarnya baru 150 bar saja. 

“Kami juga bekerjasama dengan BRIN membuat standar,” ujarnya.

Baca juga : Pertamina Dan Toyota Kembangkan Ekosistem Hidrogen Untuk Transportasi

Bob menambahkan, Indonesia memiliki potensi yang cukup baik untuk mengaplikasikan kendaraan hidrogen sebagai alat transportasi.

Toyota sudah membawa Toyota Mirai ke XEV Center di Karawang, Jawa Barat. Pengunjung dapat melihat teknologinya secara langsung. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.