Dark/Light Mode

Bang Zaki: Kepulauan Seribu Potensi Jadi Maldives Indonesia

Sabtu, 20 Januari 2024 16:30 WIB
Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)
Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPD Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar melakukan kunjungan ke kawasan Kepulauan Seribu. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka sosialisasi serta melihat potensi besar di kawasan tersebut.

Dalam lawatannya selama 2 hari sejak Kamis (18/1) ke Kepulauan Seribu, terdapat 6 pulau yang dikunjungi. Di antaranya adalah Pulau Harapan, Pulau Kelapa, Pulau Panggang, Pulau Pramuka, Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa.

Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Pulau Harapan. Bang Zaki, sapaan akrabnya, disambut meriah oleh warga dengan lantunan marawis dan sholawat. Bahkan Bang Zaki juga dikelilingi emak-emak yang berebut jabat tangan.

“Ini bagian dari interaksi masyarakat Kepulauan Seribu. Gimana foto sama orang aslinya, cakep yang mana?,” kata Bang Zaki di lokasi. “Cakep ganteng aslinya,” sahut emak-emak.

Setelah itu, Bang Zaki pergi mengunjungi Pulau Kelapa. Di sana, para warga yang mayoritas memiliki profesi sebagai nelayan menyampaikan keluh kesahnya terhadap tantangan yang dihadapi saat ini.

Bukan hanya soal iklim yang tidak bersahabat, tapi juga minimnya pasokan bahan bakar solar membuat nelayan kesulitan melaut. Kabar ini telah jauh hari terdengar oleh Bang Zaki, untuk itu pihaknya mempersiapkan solar untuk diberikan kepada masyarakat.

Baca juga : Janji Kalahkan Vietnam, Cek Jadwal Timnas Indonesia Malam Ini Tayang Di TV Mana?

"Ini solar buat para nelayan supaya bisa mudah melaut. Mudah-mudahan Golkar bisa menang di Pulau Harapan,” ungkap pria yang juga Caleg DPR Dapil 3 DKI Jakarta.

Lokasi ketiga yang dikunjungi adalah Pulau Panggang, selain berinteraksi dengan warga, Bang Zaki juga berziarah ke tiga makam ulama yang dilakukan untuk menghormati jasa para ulama. Di antaranya Habib Ali bin Ahmad bin Zein al-Aidid, Habib Husein bin Agil Assegaf dan Syekh Dara Putih.

Melanjutkan kegiatan, Bang Zaki juga mengunjungi Pulau Pramuka. Dirinya menuturkan, ada sejumlah potensi besar untuk peningkatan ekonomi rakyat, utamanya adalah melalui perbaikan infrastruktur pelabuhan.

“Kita harus buka potensi pariwisata yang sangat baik dan bagus, ini harus dibuka. Yang penting dari darat ada pelabuhan bagus, di pulau ada pelabuhan yang layak untuk bersandarnya kapal. Sehingga ada peningkatan kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara,” tutur Bupati Tangerang 2013-2023 tersebut.

Menurutnya, perlu ada kebijakan progresif untuk menata Kepulauan Seribu. Jika bisa dikelola dengan baik, kesejahteraan masyarakat di kawasan ini dipastikan akan lebih meningkat.

"Apalagi kalau kita bermimpi menjadikan kawasan ini sebagai daerah wisata yang terintegrasi. Bukan mimpi apabila Kepulauan Seribu akan jadi Maldives-nya Indonesi," ucap Bang Zaki.

Baca juga : KPU Tolak Putusan PTUN, Pemilu DPD RI Di Sumbar Dinilai Inkonstitusional

"Jadi saya berharap, siapapun yang memimpin Jakarta ke depan, bisa menunjukkan keberpihakannya pada masyarakat pesisir dan kepulauan di DKI Jakarta,” sambung pria kelahiran 14 Desember 1973 tersebut.

Selain itu, Bang Zaki meneruskan kunjungannya ke Pulau Tidung sekaligus untuk tempat bermalam. Di lokasi, dirinya melakukan dialog sekaligus mendengar keluhan kondisi terkini para nelayan yang menyedihkan, dimana dulunya nelayan sejahtera karena sering mendapat bantuan, tapi sekarang justru sebaliknya.

"Di sini perlu juga untuk menyediakan SPBU untuk memasok bahan bakar di sejumlah pulau. Jika itu bisa dilakukan, ini dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, biaya juga akan lebih murah" jelas dia.

Kemudian juga para warga bisa inovasi melalui sumber daya alam yang ada, seperti budidaya kuda laut untuk dijadikan obat. Bang Zaki pun menyatakan komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Menutup kunjungan pada hari selanjutnya, Bang Zaki berkunjung ke Pulau Untung Jawa. Pada kesempatan ini, Bang Zaki melakukan sosialisasi program makan siang dan susu gratis untuk anak sekolah dan lansia.

Harapannya, program ini bisa menurunkan angka kasus stunting yang masih belum mencapai target 14 persen, yakni per 2022 masih di angka 21,6 persen. Bang Zaki mengatakan, program ini dapat meningkatkan ekonomi rakyat.

Baca juga : Gus Halim Ingatkan Pembangunan Desa Harus Jadi Prioritas Indonesia

"Ini penting karena nanti yang kirim makanannya dari warga masyarkat sekitar, katering, warung nasi, warteg atau warung makan lain yang ada di sekitar masyarakat," serunya.

Pada kunjungan ini, Bang Zaki melihat banyak aspek yang perlu diperbaiki untuk bisa mensejahterakan masyarakat. Ia mengatakan bahwa ini bukan kunjungan pertama dan terakhirnya ke Kepulauan Seribu.

"Mudah-mudahan kita bisa lebih deket lagi, ini bukan kunjungan pertama dan terakhir, insyaallah bisa kunjungan lagi di lain waktu. Yang penting semua sehat, aman dan sejahtera," tutup calon DKI 1 tersebut.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.