Dark/Light Mode

SMI Caplok 25 Persen Saham Waskita Toll Road Di Tol Bocimi

Senin, 29 Januari 2024 21:06 WIB
Penandatanganan Sales and Purchase Agreement SPA antara PT Sarana Multi Infrastruktur SMI dengan PT Waskita Toll Road. (Foto: Ist)
Penandatanganan Sales and Purchase Agreement SPA antara PT Sarana Multi Infrastruktur SMI dengan PT Waskita Toll Road. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) atau SMI secara resmi mengakuisisi 25 persen saham PT Waskita Toll Road (WTR) di PT Trans Jabar Tol (TJT). 

Dengan masuknya SMI sebagai pemegang saham, maka PT TJT kini dimiliki oleh WTR (74,99 persen), PT SMI (25 persen), dan Koperasi Waskita (0,01 persen). Akuisisi secara resmi dilakukan melalui penandatanganan Sales and Purchase Agreement (SPA) antara keduanya.

Direktur Utama SMI Edwin Syahruzad mengatakan, akuisisi saham ini menunjukkan komitmen SMI dan Waskita Group dalam mendukung Proyek Strategis Nasional yang bermanfaat bagi masyarakat. 

“Kami berharap ruas Bocimi ini dapat meningkatkan konektivitas, akses dan penghematan waktu tempuh antara Bogor dan Sukabumi, serta menjadi jalur alternatif dalam mengurai kepadatan jalan arteri,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (29/1/2024). 

Baca juga : Golkar Jabar Bidik 30 Kursi

TJT merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemegang konsesi jalan tol Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang berlokasi di Jawa Barat. Sebelumnya, TJT telah menyelesaikan Pembangunan seksi Ciawi-Cigombong dan seksi Cigombong-Cibadak dengan total panjang 27,25 kilometer (km).

Seksi Ciawi-Cigombong telah beroperasi sejak tahun 2018, sedangkan seksi Cigombong-Cibadak memulai pengoperasian tanpa tarif sejak 6 Agustus 2023. 

“Masuknya SMI sebagai pemegang saham TJT, bertujuan untuk mempercepat penyelesaian pembangunan jalan tol Bocimi selanjutnya, yakni pada seksi Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,7 kilometer, yang konstruksinya telah dilaksanakan,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Waskita Karya (Persero) Tbk Muhammad Hanugroho meyakini strategic partnership ini akan menyelesaikan sebagian kewajiban Waskita Karya dalam program restrukturisasinya. 

Baca juga : BNPT Latih Aparatur Pemerintahan Jabar Tangani TKP Bom

“Insya Allah ini merupakan suatu perjalanan awal yang nantinya akan memberikan berkah tidak hanya bagi SMI dan Waskita Karya Group, tetapi juga kepada masyarakat yang akan memanfaatkan Jalan Tol Ciawi Sukabumi hingga Sukabumi Barat,” ungkapnya.

Ia juga berharap, semoga ke depannya masih banyak potensi yang bisa dikerjasamakan dan harapannya semua dapat berjalan dengan lancar dan sukses. 

“Kami ucapkan terima kasih kepada SMI atas dukungan dan kerjasamanya, dan mari kita berdoa agar kedepannya dapat terus berkolaborasi untuk mencapai tujuan membangun infrastruktur Indonesia,” kata pria yang akrab disapa Oho ini.

Strategic partnership antara SMI dan WTR ini dapat mendukung TJT dalam memperoleh sumber pendanaan untuk dapat menyelesaikan proyek jalan tol Bocimi. Dengan penyelesaian dan pengoperasian jalan tol Bocimi, konektivitas di wilayah Jawa Barat semakin meningkat. 

Baca juga : Bank DKI Gelar Pesta Rakyat Digital Island Di Pulau Seribu

“Hal ini akan menjadi katalis positif dalam mendukung peningkatan perekonomian setempat dan dapat memberikan dampak positif terhadap taraf hidup masyarakat,” katanya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.