Dark/Light Mode

Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan

Badak LNG Tanam 1.000 Bibit Mangrove di Tihi-Tihi

Selasa, 30 Januari 2024 09:05 WIB
Badak LNG Youth Fair menggelar kegiatan bakti sosial berupa penanaman 1.000 bibit mangrove di Kampung Tihi-Tihi, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Bontang, Kalimantan Timur pada Minggu (28/01).
Badak LNG Youth Fair menggelar kegiatan bakti sosial berupa penanaman 1.000 bibit mangrove di Kampung Tihi-Tihi, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Bontang, Kalimantan Timur pada Minggu (28/01).

RM.id  Rakyat Merdeka - Cooperative Education Program (COOP) Angkatan 38 Badak LNG sukses menyelenggarakan Badak LNG Youth Fair yang dirangkai dengan kegiatan bakti sosial berupa penanaman 1.000 bibit mangrove di Kampung Tihi-Tihi, Kelurahan Bontang Lestari, Kecamatan Bontang Selatan, Bontang, Kalimantan Timur pada Minggu (28/01).

Ketua Panitia, Alfiannur Rona Fadhly Yusuf, menjelaskan bahwa kegiatan ini melibatkan CSR Badak LNG, LNG Academy, dan OSIS SMA Vidatra, dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang.

Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk mendukung pelestarian ekosistem Kampung Tihi-Tihi agar lebih terjaga dan diharapkan dapat membantu menahan abrasi.

Hal ini juga selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) dalam menjaga menjaga ekosistem lautan.

Baca juga : Selamatkan Bumi, BCA Syariah Tanam 1.000 Bibit Durian di Desa Cibulao, Bogor

“Dengan penanaman mangrove ini, kita berharap dapat membantu menahan abrasi dan menjaga ekosistem daerah ini tetap terjaga,” ujar Alfiannur.

CSR & Community Development Officer Badak LNG M. Yahdi Urfan menjelaskan bahwa Cooperative Education Program merupakan program CSR tahunan Badak LNG yang fokus pada peningkatan kapasitas Pendidikan.

Selama enam bulan, anggota COOP 38 diwajibkan untuk mengadakan kegiatan bakti sosial, dan saat ini mereka memilih Kampung Tihi-Tihi sebagai lokasi pelaksanaan.

“Program unggulan CSR Badak LNG, yaitu Menara Marina, secara bersinergi fokus pada pemberdayaan masyarakat Kampung Tihi-Tihi. Oleh karena itu, kampung ini dipilih, sekaligus untuk mendorong partisipasi anak muda dalam peduli lingkungan,” ujar M. Yahdi Urfan (28/1/2024).

Baca juga : Perkuat Ekosistem, Blibli Tiket ACTION Tanam 4,000 Mangrove di Semarang

Ketua RT 17 di Kampung Tihi-Tihi, Muslimin, menyampaikan rasa bangga dan terima kasih karena telah dilakukan penanaman mangrove di sekitar kampung.

Dia menekankan bahwa kegiatan ini sangat membantu dalam menghadapi potensi bencana seperti banjir rob dan hantaman ombak.

“Ini sangat membantu kami dari bencana yang dapat terjadi kapan saja, seperti banjir rob dan hantaman ombak. Oleh karena itu, saya berharap inisiatif ini dapat terus dilanjutkan oleh masyarakat Kampung Tihi-Tihi,” pungkasnya.

Badak LNG merupakan anak perusahaan PT Pertamina Hulu Energi (PHE) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina.

Baca juga : APROBI Libatkan Masyarakat Tanam Mangrove Di Jateng

Berpengalaman selama 49 tahun sebagai operator kilang LNG, Badak LNG juga telah melakukan berbagai layanan teknis dan pelatihan ke berbagai kilang LNG dunia.

Layanan tersebut diantaranya Technical Services, yaitu layanan teknis kepada perusahaan LNG untuk seluruh operasi yang berkaitan dengan engineering, layanan pendampingan kepada perusahaan LNG untuk memastikan tahap pre-commissioning, commissioning, hingga start-up kilang berjalan dengan baik melalui program Commissioning & Start-Up Assistance (CSUA), serta, Operations & Maintenance Services, yakni jasa untuk membantu perusahaan LNG dalam mengoperasikan kilang.

Badak LNG juga menyediakan pelatihan untuk menyiapkan dan mencetak tenaga ahli profesional di industri LNG.

Terakhir, Badak LNG menawarkan jasa penelitian dan pengembangan kepada perusahaan LNG untuk meningkatkan kapasitas produksi dan pengembangan teknologi pemrosesan gas alam melalui program Research & Development.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.