Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jokowi Puji Mekaar Minim Kredit Macet, Apa Itu Program Mekaar, Syarat Dan Bunga?

Selasa, 30 Januari 2024 16:48 WIB
Presiden Jokowi saat bersilaturahmi dengan para peserta program PNM Mekaar di Lapangan Keyongan Kidul Sabdodadi, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (30/1). (Foto: BPMI Setpres/Kris)
Presiden Jokowi saat bersilaturahmi dengan para peserta program PNM Mekaar di Lapangan Keyongan Kidul Sabdodadi, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (30/1). (Foto: BPMI Setpres/Kris)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menyambut positif partisipasi para pengusaha UMKM dalam program Mekaar. Hal itu disampaikan Kepala Negara saat bertemu dengan peserta program PNM Mekaar di Bantul, Yogyakarta, Selasa (30/1). Lalu, apa itu program Mekaar?

Program Mekaar adalah singkatan dari Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera yang diluncurkan oleh Permodalan Madani Nasional (PNM). Mekaar adalah layanan pinjaman modal untuk perempuan prasejahtera pelaku UMKM yang diluncurkan sejak 2015.

Presiden Jokowi berharap, lewat modal yang diluncurkan PNM ini, pegiat usaha UMKM bisa berkembang secara bertahap.

Baca juga : BRIN Puji Ganjar-Mahfud Usung Program Satu Keluarga Satu Sarjana

"Para pengusaha mikro dapat berkembang menjadi kecil, kecil menjadi menengah, dan menengah bisa menjadi besar. Namun, hal ini memerlukan langkah-langkah terstruktur," kata Presiden.

Mantan Wali Kota Solo itu bilang bahwa total pinjaman dari PNM Mekaar saat ini mengalami peningkatan signifikan. Sementara angka kredit bermasalah relatif rendah. Hal ini menunjukkan komitmen dan disiplin dari para nasabah. 

"Proses usaha memerlukan tahapan demi tahapan. Saya yakin, yang saat ini merintis akan naik kelas dalam beberapa tahun ke depan. Jangan pesimis, teruslah bekerja keras," tambahnya.

Baca juga : Janjikan Hapus Kredit Macet, Ganjar: Supaya Nelayan Bangkit Lagi

Presiden Jokowi berpesan kepada para nasabah PNM Mekaar agar memanfaatkan kepercayaan yang diberikan dengan menjalankan usaha secara tekun, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi keluarga dan nasional. 

Apa Saja Syarat Menjadi Anggota PNM Mekar?

1. Kriteria Nasabah

  • Pelaku usaha ultra mikro perempuan dengan usia minimal 21 dan maksimal 58 th
  • Usaha yang digeluti sudah berjalan minimal 6 bulan
  • Memiliki 10 Anggota untuk membentuk kelompok
  • Terdapat ketua dalam satu kelompok
  • Angsuran dapat dibayarkan setiap minggu
  • Pembiayaan PNM Mekaar tidak mensyaratkan agunan fisik, melainkan bersifat tanggung renteng kelompok, dengan syarat kedisplinan untuk mengikuti proses Persiapan Pembiayaan dan Pertemuan Kelompok Mingguan (PKM)

2. Syarat Dokumen

  • FC-Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku
  • FC Kartu Keluarga (KK)

Berapa Persen Bunga Pinjaman Mekaar?

Baca juga : Mahfud Teladani Bung Hatta Dan Konsep Dwi Tunggal

Jika melalui jalur PNM Mekaar konvensional, maka nasabah akan dibebankan bunga pinjaman sebesar 4-7 persen per tahun.

Sementara jika memilih jalur PNM Mekaar Syariah, nasabah akan mengikuti sistem bagi hasil atau sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.