Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

BRIN Puji Ganjar-Mahfud Usung Program Satu Keluarga Satu Sarjana

Jumat, 19 Januari 2024 14:44 WIB
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo. Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti Bidang Ketenagakerjaan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Triyono menyatakan pendidikan merupakan jalan terang untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dan sejahtera.

"Kalau bicara pendidikan, untuk memutus rantai kelas sosial. Kalau berkiblat ke negara maju, pendidikan berpengaruh meningkatkan taraf hidup," kata Triyono, Jumat (19/1/2024).

Menurutnya, pendidikan adalah jalan terang untuk membuka pengetahuan dan berkreasi. Sehingga nantinya bisa berwiraswasta.

Baca juga : Doakan Ganjar-Mahfud Menang Pilpres, Ribuan Masyarakat Magetan Bersholawat

"Bicara pendidikan bukan hanya pendidikan semata, tapi bagaimana menciptakan kewirausahaan yang akibatnya meningkatkan kreasi, menghadirkan pengusaha-pengusaha, dan mereka menciptakan lapangan pekerjaan," jelas Triyono.

Selain membuka peluang wiraswasta, diakui Triyono, tenaga kerja yang memegang gelar sarjana dan memiliki keterampilan merupakan modal berharga untuk terjun ke dunia kerja.

"Kita berbicara di hubungan industrial, ada daya tawar posisi ketika kita memiliki keterampilan dan pendidikan bahasa, dan meningkatkan daya tawar," imbuh Triyono.

Baca juga : Wiranto Ajak Mantan Aparatur Desa Menangkan Prabowo-Gibran Satu Putaran

Maka dari itu, sebut dia, agar kian kompetitif, kesempatan mengenyam pendidikan tinggi perlu didorong dan difasilitasi oleh Pemerintah.

"Kemudian di-mix lah, pendidikan yang bagus, keterampilan, kemampuan bahasa dan IT," jelasnya.

Diketahui, pasangan Capres-Cawapres 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mengusung program Satu Keluarga Satu Sarjana jika terpilih di Pilpres 2024 mendatang. Program ini bertujuan untuk mengentaskan kemiskinan dan memeratakan pembangunan ekonomi, khususnya di pedesaan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.