Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Keren! Bandara Soetta Hadirkan Vending Machine Produk UMKM

Selasa, 30 Januari 2024 19:14 WIB
Peluncuran vending machine yang memasarkan beragam produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Ist)
Peluncuran vending machine yang memasarkan beragam produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura II (AP II) mendukung penuh pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu caranya dengan menghadirkan mesin jual otomatis atau vending machine yang memasarkan beragam produk UMKM di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

Staf Khusus III Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengatakan, melalui vending machine ini maka UMKM mendapatkan kemudahan dalam memasarkan produknya di Bandara Soetta. “Tidak perlu sewa tempat, perawatannya juga mudah,” ujar Arya dalam acara Peluncuran Vending Machine UMKM di Bandara Soetta.

VP of Corporate Communication AP II, Cin Asmoro mengatakan, vending machine tersebut tersedia di Terminal 1, Terminal 2 dan Terminal 3. Vending machine produk UMKM di Bandara Soetta ini merupakan kolaborasi bersama BNI, Telkom, PLN dan AP II yang menyediakan tempat. 

Baca juga : Rencana MU Datangkan Benzema Makin Menguat

“Kami berharap melalui vending machine ini maka produk-produk UMKM dapat semakin menjangkau masyarakat khususnya penumpang pesawat kapan saja selama 24 jam setiap harinya. Ini juga sebagai bentuk pemasaran produk UMKM melalui digitalisasi,” jelas Cin Asmoro. 

Lebih lanjut, Cin Asmoro mengatakan, vending machine menghadirkan kepraktisan bagi penumpang pesawat untuk bisa memperoleh produk UMKM. Penumpang pesawat kini memiliki lebih banyak pilihan di Bandara Soetta untuk bisa mendapatkan oleh-oleh produk makanan ringan UMKM, salah satunya melalui vending machine yang menghadirkan kepraktisan. 

“Di satu vending machine, penumpang pesawat bisa memilih berbagai produk UMKM dengan mudah dan kapan saja, dan bertransaksi bisa dengan QRIS,” ujar Cin Asmoro.

Baca juga : Praktis, Beli Oleh-oleh Khas Jakarta di Vending Machine UMKM Stasiun Gambir

Adapun Bandara Soetta yang merupakan bandara tersibuk di Indonesia menjadi lokasi yang tepat dalam memasarkan produk-produk UMKM. Pada 2023, jumlah pergerakan penumpang pesawat di Bandara Soetta mencapai sekitar 50,9 juta penumpang. 

“Sejalan dengan itu, AP II bersama stakeholder terus berinovasi dalam memasarkan produk-produk UMKM di Bandara Soetta di mana salah satunya melalui vending machine,” ujar Cin Asmoro. 

Bandara Soetta saat ini juga menyediakan Gerai Nusantara yang merupakan area khusus di Terminal 3 bagi UMKM untuk memasarkan produk-produknya. Cin Asmoro mengatakan, ke depannya vending machine produk UMKM ini akan dihadirkan juga di seluruh bandara yang dikelola AP II. 

Baca juga : Pertamina-KAI Luncurkan Vending Machine UMKM di Stasiun Gondangdia

“AP II saat ini mengelola 20 bandara dan pada tahun ini kami akan hadirkan vending machine khusus produk UMKM di seluruh bandara untuk memberikan kemudahan bagi penumpang pesawat sekaligus memperluas pasar bagi produk UMKM,” ujar Cin Asmoro.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.