Dark/Light Mode

Ada Menteri KKP Baru

Kadin Optimistis Masalah Di Industri Perikanan Bakal Cepat Diantisipasi

Rabu, 23 Oktober 2019 21:50 WIB
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto
Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaku usaha optimistis sektor perikanan bisa kembali bersinar dengan adanya Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) yang baru. Masalah yang selama ini menghambat pertumbuhan bakal cepat diatasi.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto mengatakan, terpilihnya Edhy Prabowo dalam Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan membawa angin segar untuk dunia usaha.

Dia menilai sosok Edhy cukup mumpuni diberikan amanat memajukan sektor perikanan nasional. “Sewaktu menjadi anggota dewan, beliau yang menangani perikanan dan pertanian di Komisi IV DPR RI. Tentu beliau faham betul dengan kebijakan-kebijakan seperti apa untuk memajukan industri perikanan,” ungkap Yugi dalam keterangannya, Rabu (23/10).

Baca juga : Rusa Di Istana Bogor, Orang Utan Di Kaltim

Menurutnya, saat ini tidak sedikit peraturan-peraturan yang masih membelit industri perikanan. Dia menyebut aturan tersebut menghambat produktivitas dan menghambat peningkatan ekspor. Serta tentang kepastian pasokan untuk usaha perikanan.

Belum lagi masalah klasik seperti pembiayaan, tingginya biaya logistik dan transportasi perikanan yang masih menjadi pekerjaan rumah yang harus segera dicarikan solusinya.

Kadin, lanjut Yugi, siap mendukung dan bekerjasama dengan Kementerian KKP untuk mendeteksi dan mengetahui akar permasalahan yang dialami stakeholder perikanan agar dapat segera diantisipasi. Terutama mengenai pengembangan industri perikanan dan strategi peningkatan ekspor.

Baca juga : PGAS Solution Jadi Agen Resmi Pelumas Industri Pertamina Lubricants

Selain itu Yugi juga menyebutkan, pihaknya bersama pemerintah siap melakukan upaya-upaya dalam pemberdayaan nelayan, pembudidaya, hingga menumbuhkan pelaku usaha baru.

“Kami juga berharap Menteri Edhy bisa mengoptimalkan potensi besar pengembangan budidaya dan perikanan tangkap yang sustainable serta menjawab tantangan digitalisasi supply chain perikanan,” katanya.

Untuk diketahui, selain pernah menjadi anggota DPR, Edhy Prabowo juga malang melintang di Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dan banyak berkecimpung di dunia perikanan.

Baca juga : Menpora Harap Pelajar Optimistis dan Bercita-Cita Tinggi

Yugi mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mengajukan pertemuan untuk berdiskusi dan mensinergikan program pemerintah dengan pelaksanaan program Kadin di sektor kelautan dan perikanan.

“Jadi dengan terpilihnya beliau, harapan untuk membenahi perikanan menjadi lebih baik,” kata Yugi. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.