Dark/Light Mode

Mahfud Mau Ketemu Jokowi, Istana Belum Bisa Pastikan Waktunya

Rabu, 31 Januari 2024 17:31 WIB
Mahfud MD. (Foto: Ist)
Mahfud MD. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana mengatakan, Presiden Jokowi menghormati keputusan Mahfud MD yang telah mengumumkan pengunduran diri sebagai Menko Polhukam. 

"Sebagaimana yang disampaikan Pak Mahfud, beliau ingin menyampaikan secara langsung surat pengunduran diri kepada Presiden, dan Presiden menghormati itu," kata Ari Dwipayana, Rabu (31/1/2024).

Kata Ari, saat ini Presiden masih sibuk melakukan kunjungan kerja ke daerah. Hari ini, Jokowi pun masih kunker ke Yogyakarta hingga besok. Untuk itu, Ari belum bisa memastikan kapan Jokowi bisa menerima Mahfud secara langsung. 

Baca juga : Mahfud Mundur, Istana: Fungsi Kemenko Polhukam Tetap Berjalan Baik

"Pak Mahfud juga ada agenda. Hari ini beliau di Lampung, kemungkinan setelah itu ada agenda-agenda lain. Tentu juga menyesuaikan dengan agenda kampanye Pak Mahfud. Presiden juga kembalinya (ke Jakarta) baru besok malam," ungkap Ari.

Ia mengungkapkan bahwa permintaan Mahfud untuk menyerahkan langsung surat pengunduran diri telah diketahui Presiden Jokowi. Sebab, pengumuman pengunduran diri disampaikan melalui publikasi di media massa dan juga media sosial.

"Tentu keinginan itu sudah diketahui (Presiden Jokowi) karena terpublikasi secara luas dan saat ini juga disampaikan oleh Pak Mahfud sendiri. Tetapi, seperti yang tadi saya sampaikan, Presiden tentu menghormati keinginan dari Pak Mahfud untuk menyampaikan secara langsung surat pengunduran diri itu," tutur dia. 

Baca juga : Marshanda, Suami Belum Jadi Kebutuhan Utama

Diketahui, Menko Polhukam Mahfud MD mengumumkan mundur dari jabatan. Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 03 ini akan menyampaikan surat resmi pengunduran dirinya kepada Presiden Jokowi, Kamis (1/2/2023).

"Besok, Kamis (1/2/2024), saya akan menyerahkan surat pengunduran diri saya ini kepada Bapak Presiden," kata Mahfud di sela kampanye di Lampung Tengah, tepatnya di depan Pure bernama Ulun Danu yang terletak di tengah Danau Tirta Gangga, Desa Swastika Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Rabu (31/1/2024).

Pengunduran diri Mahfud ini komitmen untuk menjaga independensi selama proses Pilpres 2024. Rencana ini juga telah dibicarakan sejak beberapa waktu lalu.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.