Dark/Light Mode

Presiden Jokowi Dan Iriana Ke Salatiga, Pastikan Bantuan Pangan Tepat Sasaran

Senin, 22 Januari 2024 13:40 WIB
Presiden Jokowi saat mengecek penyaluran bantuan pangan di Salatiga, Jawa Tengah, Senin (22/1). (Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat mengecek penyaluran bantuan pangan di Salatiga, Jawa Tengah, Senin (22/1). (Foto: BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Jokowi bertandang ke Lapangan Sepak Bola Klumpit Tingkir, Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah, pada Senin (22/01). Dalam kunjungan ini, Jokowi ingin memastikan penyaluran bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) telah sampai dengan baik kepada masyarakat.

Mantan Wali Kota Solo itu mengatakan bahwa hari ini adalah hari pertama penyaluran bantuan pangan. Karena itu, ia memastikan bahwa masyarakat penerima manfaat telah menerima bantuan seberat 10 kilogram dengan baik. 

"Hari ini adalah hari pertama bantuan pangan kita berikan, ibu-ibu sudah dapat semua yang 10 kilo?" tanya Presiden kepada para penerima manfaat.

Presiden menambahkan bahwa bantuan pangan ini akan terus diberikan hingga bulan Maret 2024. Namun, pemerintah akan berupaya memperpanjang program serupa hingga bulan Juni mendatang, tergantung pada kondisi anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). 

Baca juga : Pasien BPJS Di RSUD Salatiga Masih Berdesakan, Jokowi Minta Layanan Ditingkatkan

"Kita berdoa bersama semoga APBN kita kuat sehingga bisa terus dilakukan," lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut, Ririn, seorang pedagang kue, menyampaikan rasa syukurnya atas bantuan tersebut yang dinilainya dapat meringankan beban kebutuhan sehari-hari. 

"Alhamdulillah saya bersyukur senang banget diberi bantuan sama Pak Jokowi, karena mengingat sekarang harga beras tinggi jadi sangat membantu untuk anak-anak saya," ucap Ririn.

Juaeni, seorang petani, juga mengucapkan terima kasih atas bantuan tersebut dan berharap program ini dapat terus dilanjutkan. 

Baca juga : Isu Jokowi Minta Ketemu Mega, Ketum Kornas: Mungkin Mau Pamitan

"Ya mudah-mudahan tetap terus untuk membantu orang yang kekurangan, soalnya kehidupan di desa kan kayak gitu jadi susah sekali. Ini terima kasih bantuan dari pemerintah," kata Juaeni.

Pendapat senada disampaikan oleh Harjanti, yang baru pertama kali mendapatkan bantuan pangan ini. 

"Baru pertama dapat bantuan, senang untuk mencukupi kebutuhan hidup," tutur Harjanti. "Ya terus. (Program ini) sangat sangat membantu," tandasnya.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta pejabat terkait turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam kunjungan ini. 

Baca juga : Ratusan Organisasi Relawan Jokowi Deklarasi Dukungan Ke PSI Dan Gibran

Tampak juga Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Bulog Mokhamad Suyanto⁠, Pj. Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana, dan Pj. Wali Kota Salatiga Yasip Khasani.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.